Tips Membangun Rumah Dari 0

 

Beli rumah tidak selalu harus rumah jadi. Masih tetap ada langkah membuat rumah dengan bertahap yang sesuai impian.Ada beberapa langkah membuat rumah impian, satu diantaranya membuat rencana untuk pembangunan bertahap. Dimulai dari beli tempat, sewa jasa arsitek, sampai penentuan material yang pas. Langkah ini lebih memberikan keuntungan karena bisa sesuai bujet dan rumah yang dibuat sesuai keperluan.

 

Jadi , tertarik membangun rumah secara bertahap? Baca, yok !

 

1. Membuat Rencana

Cara mendasar yang harus dipatuhi bila ingin membuat rumah sendiri dan dilaksanakan dengan bertahap ialah membuat rencana. Aturlah rencana pribadi yang matang dimulai dari dari beli tanah, perlu tidaknya memakai jasa arsitek, sampai membuat tanggal pembangunan dengan detail. Guna mempersiapkan ide ini, kamu perlu pastikan lebih dulu tersedianya budget. Karena budget berperanan penting pada proses pengaturan sampai hasil akhir rencana.

 

2. Mengatur Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

Saat gagasan telah tersusun, waktunya membuat RAB dari 0.Jadikan RAB ini untuk personal saja, sebatas mengerti perhitungan kasar biaya.Jika kamu memilih untuk sewa jasa arsitek, kelak kamu akan dibuatkan RAB yang berisi ongkos keseluruhnya pembangunan ‒ terhitung ongkos jasa. Juga bila kamu putuskan sewa jasa arsitek, kamu harus tetap tahu proses pembangunannya dimulai dari fondasi sampai bangunan selesai. Karena ini ialah rumahmu, tempatmu akan habiskan hari. Lebih bagus kamu memahami benar mengenai prosesnya, tidak sekedar hanya menempati.

 

3. Sesuaikan dengan Keadaan Tanah

Pilih tempat harus menyaksikan di depan karena fondasi dan bahan bangunan yang yang akan datang dipakai akan sesuaikan. Perlu kamu kenali, ada empat jenis tanah: tanah keras, tanah sedang, tanah lunak, dan tanah benar-benar lunak. Ke-4 tipe itu mempunyai karakter semasing. Oleh karena itu, fondasi yang dibuat harus sesuaikan dengan keadaan tanah. Ingat, yakinkan tidak untuk membuat rumah di atas tipe tanah yang tidak bagus, ya!

 

4. Eksekusi Melalui Ide yang Pas

Ide yang terbaik kamu pakai bila ingin membuat rumah setahap ialah ide rumah tumbuh.

Rumah tumbuh akhir-akhir ini sering jadi pembicaraan karena idenya benar-benar memberikan dukungan beberapa orang yang mempunyai anggaran berbatas. Ide rumah tumbuh ialah ide pembuatan rumah yang sudah dilakukan dengan bertahap sesuaikan dengan fokus dan bujet yang ada.

 

5. Tentukan Material Sama sesuai Keperluan

Sepanjang proses pembangunan berjalan, peluang tergoda memakai material di luar gagasan tentu ada. Godaan-godaan semacam ini akan punya pengaruh pada gagasan dan RAB yang sudah diatur.

Pembangunan yang semestinya sudah diputuskan, malah-malah dapat membesar karena hanya kamu ingin yang lebih walau sebenarnya tidak begitu perlu. Gagasan dan RAB yang sudah diatur harus dikerjakan secara disiplin.

 

6. Tentukan Rasio Fokus

Untung bila kamu mempunyai tempat yang lumayan luas, sebab bisa atur pembangunan lebih bebas. Apa lagi jika pembangunannya dengan bertahap. Kamu dapat atur tempat berdasar rasio fokus keperluan yang harus tercukupi. Misalkan membuat bangunan pokok dengan beberapa fungsi harus seperti kamar, kamar mandi, dapur, dan ruangan tengah multi-fungsi. permasalahan air tanah, saluran air, tempat pembuangan, dan lain-lain. Tersisa tempat yang masih ada dapat kamu kosongkan lebih dulu untuk dibuat di masa datang saat dana sudah ada kembali.

 

7. Partisi Ruang

Dalam perancangan pembangunan, lihat ruang yang memerlukan pemakaian partisi. Partisi berperanan penting untuk rumah yang dibuat setahap, karena rumah semacam ini dapat berganti ke depannya.

Lebih bagus memakai partisi semi-permanen untuk ruang yang nanti diprediksikan akan berbeda peranan. Dan pakai partisi tetap untuk ruang yang perannya sudah tetap.

 

Kalaupun memang anda tetap ingin menggunakan jasa arsitekn untuk membantu dalam urusan pembangunan rumah impian anda, mungkin bisa konsultasi dengan Bali Architect– Satya Puri Studio untuk hasil yang lebih maksimal.