Senyum Semringah dan Rangkulan Hangat Sri Mulyani-Retno Marsudi di Penutupan KTT G20

Kegiatan KTT G20 di Bali resmi ditutup pada Rabu (16/11/2022). Usai menyampaikan pidatonya, Presiden Joko Widodo mengetukkan palu sebanyak lima kali sebagai tanda penutupan acara. “Dengan ini saya umumkan kesimpulan KTT G20 di Bali, Indonesia,” kata Jokowi di Hotel Apurva Kempinski Bali, Rabu (16/11/2022).

Kemudian palu diserahkan kepada Perdana Menteri India (PM), Narendra Modi. Keduanya mengangkat palu bersama. Hal ini sekaligus menandai berakhirnya masa kepresidenan G20 india, diikuti oleh India untuk tahun depan. Para pemimpin negara-negara G20 dan semua yang hadir bangkit dari tempat duduk mereka dan memberikan sambutan hangat pada pawai tersebut. Senyum pun tampak di wajah dua menteri wanita Indonesia, Menteri Keuangan (Minku) Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri (Minlo) Retno Marsudi. Saat Jokowi memberikan pidato penutupnya, keduanya duduk tepat di belakang presiden, di sebelah orang nomor satu RI itu.

Alasan Senyum  Sri Mulyani dan Retno

Sebelum palu godam, tawa Sri Mulyani dan Retno tak tertahankan. Keduanya saling memandang dan tampak sangat bahagia. Keduanya pun bangkit dari duduknya dan bertepuk tangan saat Jokowi menyerahkan palu kepada Perdana Menteri India. Tak lama kemudian, Sri Mulyani memeluk Retno. Kedua tokoh kabinet Indonesia itu menatap hangat Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Narendra dengan senyuman yang masih tersungging di wajah mereka. Palu kepemimpinan akan saya serahkan ke India, kata Jokowi. Dengan demikian, KTT G20 resmi ditutup. Sebelumnya, Jokowi mengatakan dalam pidato penutupnya bahwa KTT G20 menghasilkan Leaders’ Declaration.

Iklan tersebut memuat sejumlah poin penting, di antaranya adalah kritik terhadap perang antara Rusia dan Ukraina. Negara-negara G20 menuntut agar Rusia segera menarik pasukannya dari wilayah Ukraina. Deklarasi para pemimpin G20 juga menghasilkan kesepakatan tentang kebijakan untuk merespon situasi ekonomi global yang kritis saat ini. Sementara itu, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah KTT G20 tahun lalu. Acara terpenting Forum Kerja Sama Ekonomi Internasional akan diselenggarakan di Bali mulai 15 hingga 16 November 2022. Hingga 17 pemimpin dari 20 negara akan menghadiri forum internasional tersebut. Sementara itu, tiga pemimpin negara yang tidak hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador.