Sejarah dan Fungsi Rumah Panggung di Indonesia

Di Indonesia, rumah panggung bukan merupakan bentuk hunian yang baru. Di berbagai daerah di penjuru negeri, banyak masyarakat yang sudah sejak dahulu kala mendirikan rumah memilikit berbentuk panggung. Dengan konsep yang mirip, hunian berbentuk rumah yang tinggi dengan bagian bawah kosong setiap daerahnya memiliki ciri khas tersendiri. Kekebiasaanan setempat membuat desain baik eksterior maupula bidang dalamnya bisa unik dan punya maknanya tersendiri.

 

Dahulu, rumah jenis ini dibangun karena berbagai alasan. Mulai dari menjaga dari bencana alam seperti banjir dan gempa globe, hingga menjaga anggota keluarga dari fauna buas. Meamati dari sudut pandang arsitektur, rumah dengan bentuk seperti ini termasuk ke dalam style arsitektur vernacular. Setiap rumah didesain cocok dengan keperluan dan individualitas dari warga di tempat tersebut. Indonesia yang memiliki berbagai jenis rumah panggung merefleksikan bahwa masyarakat dan kulturnya memiliki nilai arsitektur vernacular yang kaya.

 

Sejarah dan Fungsi Rumah Panggung di Indonesia

Mulai dari Sabang hingga Merauke presensi rumah panggung selaku salah satu pusaka budaya yang agak khas di setiap wilayahnya. memanglah sejak dulu, masyarakat Indonesia menyenangi rumah yang disangka bisa memadati keperluan masyarakat tersebut. Rumah kuno khas di Indonesia diujarkan jua selaku rumah kolong. tentang ini karena tekstur rumah memiliki ruang-ruang yang kosong. Bagian ini biasanya dibubuhkan untuk memelihara binatang belibis.

 

Sebagian besar rumah adat di Indonesia berbentuk rumah kolong, lihat saja rumah adat dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, sebaliknya rumah adat Papua, yakni Rumah Honai memiliki ciri khas sendiri. Kekayaan alam Indonesia pun menunjang pembangunan rumah ini di waktu dulu sekali. Berbagai materi utama seperti papan dan juga rotan yang cantik menopang rumah adat hingga senantiasa berdiri kokoh hingga sekarang.

 

Sejarah Rumah Panggung

Jadi salah satu style arsitektur yang sudah ada sejak masa dahulu, semacam ini sejarah, fungsi, dan juga plus dan tekor dari rumah panggung. Di Indonesia, rumah panggung bukan merupakan bentuk hunian yang baru. Di berbagai daerah di penjuru negeri, banyak masyarakat yang sudah sejak dahulu kala mendirikan rumah adat berbentuk panggung.

 

Dengan konsep yang mirip, hunian berbentuk rumah yang tinggi dengan bagian bawah kosong setiap daerahnya memiliki ciri khas tersendiri. Kebudayaan setempat membuat desain baik eksterior maupun bidang dalamnya bisa unik dan punya maknanya tersendiri. Dahulu, rumah jenis ini dibangun karena berbagai alasan. Mulai dari menjaga dari bencana alam seperti banjir dan gempa globe, hingga menjaga anggota keluarga dari fauna buas.

 

Melihat dari sudut pandang arsitektur, rumah dengan bentuk seperti ini termasuk ke dalam style arsitektur vernacular. Setiap rumah didesain cocok dengan keperluan dan individualitas dari warga di tempat tersebut. Indonesia yang memiliki berbaga