Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia

Mengenal Wisata Religi

Wisata religi merupakan ziarah atau kunjungan seseorang maupun grup ke situs yang penting yang terkait dengan penyebaran suatu agama. Bentuk situs tersebut dapat bermacam-macam, mulai dari masjid, candi, arca, perhiasan, adat-istiadat, hingga makam tokoh terkemuka.

Tujuan wisata ini tentu bukan untuk menghendaki apa pun, melainkan mempelajari bagaimana para pendahulu tumbuh menjadi pendakwah yang baik. Kata wisata diserap berasal dari bahasa Sanskerta, vis, yang berarti masuk. Kata tersebut diserap menjadi bahasa Jawa Kuno vicata, dan diartikan sebagai perjalanan atau mengunjungi objek wisata.

Dapat disimpulkan bahwa wisata religi adalah sebuah perjalanan untuk memperoleh kebahagiaan sekaligus ilmu. Karena selama mengunjungi situs-situs bersejarah, wisatawan bakal menemui kisah mendalam di dalam sejarahnya dan juga tokoh yang berpengaruh di dalamnya.

Wisata religi biasanya umum dilakukan oleh umat Islam. Namun, sekarang ini pemaknaannya sudah meluas ke setiap umat beragama.

 

Wisata Religi di Indonesia

Untuk menikmati liburan, Anda tidak harus melulu pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan. Sesekali, Anda dapat mempertimbangkan untuk pergi ke tempat yang berkaitan dengan kepercayaanmu.

Dengan melaksanakan wisata religi, Anda akan mendapatkan dua hal, kebahagiaan dan rasa cinta kepada Tuhan. Berikut ini beberapa tempat wisata religi di Indonesia yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti:

 

1. Masjid Istiqlal

Masjid yang berlokasi di Jakarta ini merupakan salah satu masjid kebanggaan Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal memiliki ukurannya yang luas, yaitu 93.200 m2. Masjid ini dapat menampung hingga 200 ribu jamaah.

Masjid Istiqlal sering menjadi pusat aktivitas keagamaan negara, bahkan presiden RI biasanya melaksanakan salat Ied di sini. Meski masjid ini ikon kebanggaan umat muslim, nyatanya yang merancang bangunan Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang yang notabene beragama non-muslim.

 

 

2. Maha Vihara Majapahit

Di vihara ini ada patung Buddha yang tertidur, serupa dengan yang ada di Thailand. Figur ini sangat ikonik dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Anda dapat mengunjungi tempat wisata religi Buddha ini di Mojokerto, Jawa Timur.

 

3. Pura Tanah Lot

Karena pesonanya yang cantik, Pura ini tidak cuma menarik untuk umat Hindu, melainkan untuk semua orang. Pura Tanah Lot berlokasi di Tabanan dan menjadi area wisata religi yang menarik. Meski ukurannya cukup mungil, bangunan ini tidak pernah sepi pengunjung.

 

 

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Bagi Anda umat Muslim yang senang melakukan wisata religi, wajib memasukkan masjid ini ke dalam bucket list perjalanan religi Anda. Dengan bangunan yang megah, akan mengingatkan Anda dengan tipe bangunan masjid-masjid di Madinah.

Masjid yang mempunyai menara Asmaul Husna ini hampir mirip dengan masjid Nabawi. Jika menaiki menara, Anda bisa melihat panorama kota seraya mengucap maa syaa Allah.

 

 

5. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk dibangun pada tahun 1753. Keanggunan bangunannya itu tak lekang oleh waktu. Dengan tipe neo-klasik, siapa pun yang melihatnya tak akan menyangka bahwa bangunan ini sudah berumur ratusan tahun. Bagi umat Protestan, gereja ini mempunyai area tersendiri.

Gereja ini juga mempunyai Alkitab terbitan 1748 yang berbahasa Belanda. Maka, tidak mengherankan jika gereja yang satu ini menjadi salah satu ikon terfavorit.

 

 

6. Masjid Menara Kudus

Sebagian besar umat muslim tentu sudah tahu bangunan ikonik ini. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu situs bersejarah yang sudah berdiri sejak 1549. Dilihat dari arsitekturnya, bangunan ini merupakan akulturasi budaya Islam dan Hindu di jaman dahulu. Selain itu, masjid ini berlokasi satu kompleks dengan makam Sunan Kudus, salah satu penyebar agam Islam terkemuka di Indonesia.

 

 

7. Klenteng Kwan Sing Bo

Warna merah yang melukiskan keberuntungan tergambar jelas dari bangunan satu ini. Klenteng ini berlokasi di Tuban dan merupakan klenteng terbesar di Asia Tenggara. Karena kepamorannya, banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung untuk menikmati pesona bangunan kebanggaan umat Konghucu, Tao, dan Buddha ini. Bangunan ini mempunyai ikon berwujud kepiting yang terdapat di salah satu segi bangunan.