Pertamina akan Jualan Minyak Bakar untuk Industri

PT Pertamina (Persero) meyakinkan diri pada 2019 jadi penyedia keperluan minyak bakar bersama dengan viskositas 180 cSt, yang lebih dikenal bersama dengan nama pasar Marine Fuel Oil 180 cSt (MFO 180) atau minyak bakar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, ketetapan tersebut ditentukan di dalam rapat pertemuan bersama dengan bersama dengan PT Pertamina (Persero), PT Vale Indonesia, PT Cosmic Indonesia, PT Cosmic Petroleum Nusantara, dan PT AKR Corporindo Tbk, untuk mengulas Supply Demand Minyak Bakar 2019.

“Rapat mengulas keinginan petunjuk ekspor untuk produk minyak bakar 180 cSt (MFO 180) yang diajukan Pertamina dan impor yang diajukan Badan Usaha lain.

Sementara itu, lanjutnya, negosiasi bersama dengan Vale tetap konsisten dilakukan. Arcandra menuturkan, Pertamina selalu mengikuti tender yang diadakan Vale, bersama dengan diberikan kesempatan right to match pada sementara sesi pembukaan harga di minggu pertama Januari 2019.

“Apabila sampai akhir Januari 2019, proses negosiasi Pertamina bersama dengan Vale tetap berjalan, Pemerintah akan mengakomodir keperluan impor minyak bakar Vale untuk sekali pengapalan,” kata Wakil Komisaris Utama Pertamina ini.

Negosiasi lainnya adalah bersama dengan PT Cosmic Indonesia, PT Cosmic Petroleum Nusantara, dan PT Yavindo Sumber Persada. Arcandra mengungkapkan, untuk negosiasi bersama dengan ke-2 perusahaan ini, Pertamina akan tawarkan harga yang mampu beradu bersama dengan supplier Singapura.

Sebagai informasi, minyak bakar adalah minyak yang berasal dari type residu dan berwarna hitam gelap, dan lebih kental daripada minyak diesel dengan pengukuran Flow Meter LC dan punyai titik tuang (pour point) yang lebih tinggi daripada minyak diesel.

Penggunaan minyak bakar pada biasanya untuk bahan bakar pada pembakaran langsung pada dapur-dapur industri besar, pembangkit listrik tenaga uap dan lain-lain yang terlampau menyimak faktor ekonomis dari bahan bakarnya. Minyak bakar ini disebut termasuk Marine Fuel Oil.

Adapun, MFO 180 umum digunakan di industri dan sektor perkapalan yang punyai area bakar/boiler pada mesin industrinya.