Perbedaan Solidwork dan Autocad

Solidwork adalah pemodelan solid “parametrik” yang kita sebut pemodelan desain 3-D. Parameter itu sendiri bermakna bahwa dimensi dapat dikaitkan satu sama lain, dan dapat diubah selama sistem desain, dan bagian fisik dan juga dokumen tentang (cetak biru) dapat diubah secara otomatis.

Solidwork dianggap sebagai pesaing program CAD layaknya Pro / ENGINEER, NX Siemens, I-Deas, Unigraphics, AutoCAD Autodex dan CATIA terhadap th. 1995. Harga murah.

Solidwork Corporation didirikan oleh Jon Hirschtick terhadap th. 1993 ketika merekrut tim insinyur untuk membangun perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak CAD 3D. Kantor pusatnya berlokasi di Concord, Massachusetts, dan product pertamanya, Solidwork, dirilis terhadap th. 1995. 95.

Pada th. 1997, Dassault Systemes, yang dikenal bersama software CATIA CAD-nya, mengakuisisi perusahaan tersebut Dari 2001 sampai Juli 2007, selagi ini punyai 100% Solidworks yang dipimpin oleh John McEleney dan saat ini dipimpin oleh Jeff Ray. Menurut informasi WIKI, banyak industri manufaktur yang telah pakai software tersebut.

Solidwork selagi ini digunakan oleh ¾ juta insinyur dan desainer dari lebih dari 80.000 perusahaan di seluruh dunia. Dulu orang telah familiar bersama AUTOCAD untuk desain gambar teknik, layaknya yang penulis alami, tetapi saat ini saya telah familiar bersama dengan cara Download SOLIDWORKS, jadi saya jarang pakai AUTOCAD. Namun, hal ini pasti saja terkait keperluan pribadinya.

SolidWorks sendiri adalah program software 3D CAD (computer-aided design) mekanik yang berjalan terhadap Microsoft Windows. File SolidWorks pakai format penyimpanan file terstruktur Microsoft. Ini bermakna bahwa beraneka file disematkan di tiap-tiap SLDDRW (file gambar), SLDPRT (file bagian), SLDASM (file perakitan), dan juga pratinjau bitmap dan metadata sub-file.

Meskipun di dalam banyak masalah subfile pakai format file biner, tersedia banyak alat yang dapat digunakan untuk mengekstrak subfile tersebut. SolidWorks adalah entitas semu berdasarkan pemodelan solid, dan pakai metode berdasarkan parameter fitur untuk pemodelan dan perakitan. Parameter mengacu terhadap batasan, yang nilainya menentukan bentuk atau geometri model.

Parameter dapat berbentuk numerik, layaknya panjang garis atau diameter lingkaran, atau geometris, layaknya garis singgung, paralel, konsentris, horizontal atau vertikal. Parameter numerik dapat dikaitkan satu sama lain lewat pertalian penggunaan, yang amat mungkin mereka untuk menangkap maksud desain.

AUTOCAD:

Autocad adalah alat atau perangkat lunak desain 2D yang punyai sebagian kegunaan desain 3D, tetapi keterbatasannya amat terbatas. Dibandingkan bersama solid parameter modeling (SolidWorks), kegunaan desain 3D di AutoCad amat sederhana, kendati kegunaan 3D ini telah ditingkatkan di AutoCad, masih banyak keterbatasan.

Autodesk (pabrikan AutoCAD) menghasilkan product yang nyaris sama bersama SolidWorks, yang disebut Inventor, yang merupakan program parametrik yang digunakan untuk merancang bagian dan rakitan padat.

AutoCAD adalah aplikasi perangkat lunak desain berbantuan komputer untuk desain dan penyusunan 2D dan 3D, layaknya SolidWorks. AutoCAD adalah salah satu program CAD paling awal yang dilakukan di komputer khusus dan komputer umum. Pada selagi itu, sebagian besar program CAD lainnya berjalan terhadap mainframe atau mikrokomputer yang terhubung ke terminal grafik komputer untuk tiap-tiap pengguna.

Versi awal AutoCAD pakai entitas basic layaknya garis, polylines, lingkaran, busur, dan teks untuk selanjutnya membangun objek yang lebih kompleks. Saat ini, AutoCAD hanya dapat berjalan di sistem operasi Microsoft Windows versi 32-bit dan 64-bit. AutoCAD dapat berjalan terhadap emulator atau lapisan kompatibilitas (seperti VM-ware Workstation atau Wine), kendati masalah kinerja kerap nampak jika Anda pakai desain objek 3D besar atau gambar teknik yang besar.

Memilih sistem perangkat lunak atau alat yang dapat bekerja dan dapat menopang Anda terkait terhadap tipe pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Banyak ahli menyebutkan dan menganjurkan bahwa ketika Anda berurusan bersama desain 2D dan 3D, SolidWorks lebih bertenaga dan efektif, sedangkan AutoCAD hanya menopang Anda lakukan pekerjaan 2D saja.