Penyebab Sakit Setelah Cabut Gigi Bungsu

Operasi cabut gigi bungsu saat ini menjadi salah satu hal wajar yang kerap dilakukan banyak orang. Tentunya proses cabut gigi bungsu juga aka melibatkan dokter profesional dalam bidangnya. Namun terkadang akan ada rasa sakit atau ngilu ketika proses cabut gigi tersebut berlangsung.

Meski begitu tak banyak orang yang tahu apa yang menyebabkan rasa sakit atau ngilu setelah melakukan operasi cabut gigi bungsu. Tak perlu bingung akan hal tersebut karena dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam lagi beberapa kemungkinan penyebab terjadinya rasa sakit.

Penyebab Rasa Ngilu Setelah Cabut Gigi

Cabut gigi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketika terjadi infeksi gigi yang cukup berat. Akan tetapi terkadang dalam jangkauan waktu beberapa hari setelah proses cabut gigi bisa menyebabkan rasa ngilu kembali.

Dimana ketika terjadi rasa ngilu mulai satu hingga tiga maupun tujuh hari setelah cabut gigi sangat perlu untuk diwaspadai. Hal ini bisa dicurigai karena adanya kondisi dry socket atau bisa disebut dengan alveolar osteitis.

Adanya kondisi tersebut ternyata bisa mengakibatkan rasa nyeri yang cukup para pada area bekas pencabutan. Bahkan berlangsungnya rasa ngilu tersebut dapat mencapai 7 hari atau lebih. Beberapa dampaknya adalah adanya kehilangan bekuan darah, terlihat tulang pada daerah tersebut atau bahkan terjadinya bau busuk yang keluar dari area mulut.

Lalu untuk proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi tersebut juga membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Biasanya penutupan soket bisa sampai sebulan pasca pencabutan yang berikutnya tulang akan bisa tumbuh hingga mengisi soket tersebut. Waktu yang dibutuhkan biasanya hingga 6 bulan.

Dry socket bisa terjadi karena gumpalan darah yang terbentuk di area bekas pencabutan gigi tersebut lepas sebelum kondisi luka benar-benar sembuh. Ketika proses pencabutan gigi selesai harusnya ada bekuan darah pada daerah bekas pencabutan gigi tersebut.

Dimana gumpalan darah tersebut memiliki fungsi untuk bisa melindungi tulang, jaringan serta sda yang menjadi dasar ketika penyembuhan. Selain itu juga diperlukan untuk pondasi pertumbuhan tulang baru serta pengembangan jaringan lunak.

Nah itulah kemungkinan yang terjadi ketika selesai operasi cabut gigi.