Penyebab Handphone Bootloop Serta Cara Mengatasinya

Pengguna smartphone pasti sudah menguji loop boot ponsel atau  ponsel mereka. Istilah  bootloop sendiri merupakan syarat  ponsel tidak bisa masuk ke sistem, ponsel hanya bisa masuk ke logo merek ponsel.  Penting juga untuk mengetahui mengapa  ponsel dihidupkan sehingga  dapat dihindari dan solusi dapat ditemukan untuk memperbaikinya.

Alasan ponsel dapat Bootloop

Pasti sangat menyebalkan ketika Anda terlibat dalam menjalankan ponsel tiba-tiba layar dimatikan dan pengalaman  bootloop. atau cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam   Berikut ini akan menjelaskan asal-usul  ponsel yang dapat Anda hadapi  bootloop:

1. Pengaturan izin

Smartphone Android memiliki sistem yang sangat bergantung pada pengaturan izin.   Jika pengaturan salah, semua file dalam sistem juga rusak.  Akibatnya, tujuannya  adalah ponsel yang pasti suatu hari  nanti . Jadi, untuk pengguna  smartphone  , mereka harus selalu terbiasa dengan pengaturan  izin.

2. Instalasi Kementerian Pertahanan

Alasan kedua adalah sembarangan memasang suntingan di ponsel  Android.  Penyesuaian biasanya diinstal jika ada aplikasi baru yang mengharuskan menginstal sistem.

Namun, jika penyesuaian yang diinstal tidak sesuai dengan kemampuan rom di telepon, itu akan sangat mematikan, karena salah satunya akan terjadi bootloop.  Oleh karena itu,   pengguna Android juga harus selalu berhati-hati jika ingin menginstal aplikasi baru.

3. Ubah konten skrip

Bagi yang sering mengunduh harus memahami masalah yang satu ini dengan baik, pemain sering seenaknya  mengubah isi   script pada  file sistem.  Bahkan, perubahan skrip dapat memiliki   efek buruk pada ponsel pengguna.

Efeknya dapat terjadi di berbagai titik pada ponsel termasuk ponsel yang tiba-tiba dapat mengalami bootloop.  Sebaliknya, pemain menghindari hal-hal yang akan dengan cepat merusak telepon dan tidak pernah mengubah skrip apa pun.

4 Mengangkat frekuensi operasi

Meningkatkan frekuensi operasi adalah kegiatan sehingga ponsel milik pengguna dapat bekerja lebih dari kemampuan dan kapasitasnya.  Kegiatan ini sering dilakukan agar ponsel dapat bekerja lebih baik, tidak secara perlahan.  Padahal, awalnya ponsel akan bekerja sangat sempurna dan lebih cepat dari biasanya namun lambat laun ponsel akan rusak.

Kerusakan dapat terjadi pada berbagai aspek, salah satunya adalah  bootloop. Hal ini tentu tidak disarankan sama sekali.  Karena kapasitas ponsel sudah memiliki bagian tersendiri jika frekuensi operasi dinaikkan maka akan sudah berbahaya.

5. Berkedip

  Pengguna  ponsel sering  flash ROM dengan tujuan mengoptimalkan ponsel.   Bahkan, melakukan kegiatan ini bisa menjadi alasan untuk mem-boot ponsel.  Sebab, mungkin ada data atau cache usang  yang belum dihapus melainkan sudah terpapar dengan sistem telepon baru.

Cara mengalahkan  ponsel bootloop

Jangan khawatir jika  ponsel tiba-tiba  menemui bootloop , itu bisa diatasi sendiri saat situasinya tidak berbahaya.  Berikut adalah beberapa cara untuk menangani  ponsel bootloop:

  • Pengguna dapat  me-restart  telepon, yaitu dengan mematikan telepon dan kemudian melepas baterai yang terpasang, jika baterai tidak dapat dilepas, biarkan saja  telepon  mati dengan harga lebih rendah.  Lebih dari 5 menit.  Setelah itu, restart  telepon untuk melihat apakah  loop operasi telah menghilang.
  • Hal berikutnya yang sering dilakukan adalah  memindai data,  data dapat dipindai dengan menekan  tombol  daya  dan tekan volume kedua tombol secara bersamaan sampai   telepon menunjukkan  tanda-tanda hidup kembali. . . Metode ini tidak akan menghapus apa pun di ponsel pengguna.
  • Hal ketiga yang biasanya dilakukan adalah juga flashdisk, matikan ponsel terlebih dahulu lalu lepaskan aki.  Kemudian restart telepon dengan menekan tombol penurun volume atau mungkin  tombol home.  Setiap ponsel memiliki caranya sendiri.
  • Jika mencapai jalan buntu, pengguna biasanya lebih suka  mengatur ulang pabrik.  Metode ini akan menghilangkan semua data di telepon dan kembali seperti pertama kali Anda membelinya.   Caranya adalah dengan menekan tombol daya  dan halaman beranda dan menurunkan volume secara bersamaan selama beberapa detik dan kemudian pilih  menu reset pabrik.
  • Jika metode di atas diterapkan dan tidak ada hasil, itu harus ditransfer ke yang lebih ahli. Karena pada kenyataannya,  telepon bootloop tidak dapat  diperbaiki dengan cara apa pun.     Ponsel  bootloop  suatu hari akan  kembali lagi meskipun telah diperbaiki.

Inilah sebabnya mengapa ponsel bootloop  bersama dengan cara mengatasinya.  Sebaliknya, jangan melakukan kebiasaan yang hanya akan merusak telepon.

 

Source: yerros.me