Penjualan laptop Dell meningkat pada 90-an dan awal 2000-an

Karena biaya yang lebih tinggi dan margin keuntungan yang tidak dapat diterima dalam penjualan ke individu dan rumah tangga, Dell awalnya tidak menekankan pasar konsumen; namun, ini berubah ketika situs Internet perusahaan lepas landas pada tahun 96 dan 97.

Dell naik karena harga jual rata-rata industri untuk individu turun, karena pembeli komputer kedua dan ketiga yang menginginkan komputer yang kuat dengan banyak fitur tetapi tidak memerlukan banyak dukungan teknis memilih Dell.

Dell melihat peluang di antara individu yang paham PC yang lebih memilih kemudahan membeli secara langsung, menyesuaikan PC mereka dengan kebutuhan mereka, dan mengirimkannya dalam hitungan hari. Dell mendirikan grup penjualan dan pemasaran internal yang didedikasikan untuk melayani pasar dalam negeri pada awal 97 dan meluncurkan rangkaian produk yang dirancang khusus untuk pengguna individu.

Dell mengalami pertumbuhan yang konsisten dari tahun 97 hingga 2004, mendapatkan pangsa pasar dari para pesaing bahkan selama kemerosotan industri. Selama periode waktu yang sama, vendor PC yang bersaing seperti Compaq, Gateway, IBM, Packard Bell, dan AST Research mengalami kesulitan dan akhirnya dibeli atau keluar dari pasar. Pada tahun, Dell melampaui Compaq menjadi produsen PC terbesar.

Biaya operasional hanya menyumbang 10% dari pendapatan Dell sebesar $35 miliar pada tahun 2002, dibandingkan dengan 21% di Hewlett-Packard, 25% di Gateway, dan 46% di Cisco. Ketika Compaq dan Hewlett Packard (pembuat PC urutan keempat) bergabung pada tahun 2002, Hewlett Packard yang baru bergabung mengambil posisi teratas tetapi kesulitan, dan Dell dengan cepat kembali memimpin. Dell berkembang pesat di awal tahun 2000-an.

Menurut Consumer Reports, Dell mencapai dan mempertahankan peringkat teratas dalam keandalan PC dan layanan pelanggan/dukungan teknis dari tahun ke tahun dari pertengahan 90-an hingga 2001, tepat sebelum Windows XP dirilis.

Dell mulai menjual komputer melalui situsnya pada tahun 96.

Dell berkembang melampaui komputer desktop dan laptop pada pertengahan 90-an dengan menjual server, dimulai dengan server low-end. Pada saat itu, tiga penyedia server utama adalah IBM, Hewlett Packard, dan Compaq, dengan banyak produk mereka berdasarkan teknologi hak milik seperti mikroprosesor Power4 IBM atau berbagai versi hak milik dari sistem operasi Unix. Laptop dell dapat kamu beli di Distributor Komputer Dell.

 

Server Power Edge baru Dell tidak memerlukan investasi yang signifikan dalam teknologi hak milik karena mereka menjalankan Microsoft Windows NT pada chip Intel dan dapat dibuat dengan biaya lebih rendah daripada pesaing. Akibatnya, pendapatan perusahaan Dell, yang hampir tidak ada pada tahun 94, menyumbang 13% dari total pendapatan perusahaan pada tahun 98.

Tiga tahun kemudian, Dell melampaui Compaq sebagai penyedia terkemuka server berbasis Intel, yang menguasai 31% pasar. Setelah gagal mengembangkan sistem penyimpanan perusahaannya sendiri, Dell melakukan akuisisi pertamanya pada tahun 90an, membayar $332 juta untuk ConvergeNet Technologies. Teknologi ConvergeNet yang elegan namun rumit tidak sesuai dengan model bisnis pabrikan komoditas Dell, memaksa perusahaan untuk menghapus seluruh biaya akuisisi.

Lini produk Dell diperluas pada tahun 2002 dengan menyertakan televisi, perangkat genggam, pemutar audio digital, dan printer. Ketua dan CEO Michael Dell telah berulang kali menghalangi upaya Presiden dan COO Kevin Rollins untuk mengurangi ketergantungan perusahaan pada PC, yang diharapkan dapat ditingkatkan oleh Rollins melalui akuisisi EMC Corporation.

Untuk mencerminkan ekspansi perusahaan di luar komputer, namanya diubah menjadi “Dell Inc.” di 2003.

Michael Dell mengundurkan diri sebagai CEO namun tetap menjadi Ketua pada tahun 2004, menyerahkan gelar tersebut kepada Kevin Rollins, yang telah menjadi Presiden dan COO sejak tahun 2001. Meski tidak lagi memegang gelar CEO, Dell efektif menjabat sebagai co-CEO dengan Rollins.

Dell mengakuisisi Alienware, pabrikan PC kelas atas yang terutama ditujukan untuk pasar game, di bawah kepemimpinan Rollins.