Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Zona Geografi- Pengertian Geografi Menurut Para Ahli – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat bergabung dan terima kasih telah berkunjung, ini merupakan tulisan pertama saya, dan kali ini saya ingin mengajak berkenalan dengan orang-orang hebat yang menyumbangkan pemikirannya tentang Geografi, mereka adalah orang-orang yang merumuskan pemikiran tentang dasar geografi. Tentunya kita sering mendengar dan melihat kata Geografi, namun tahukan kalian geografi itu apa? akan ada banyak sekali jawaban dari satu pertanyaan tersebut, karena Geografi merupakan ilmu yang dinamis dan cakupannya sangat luas.

Berbagai ahli mengemukakan pemikirannya tentang pengertian geografi, sesuai dengan perkembangan zaman tentunya. nah, penasaran kan apa sih geografi itu? dan apa saja pengertian geografi menurut para ahli, mari kita simak sama-sama pengertian geografi menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli - Pengertian Geografi Menurut Para Ahliihwanahmadyusuf

Thales bisa saja digolongkan menjadi orang pertama yang mencetuskan pemikiran tentang keGeografian. Thales adalah orang pertama yang berpikiran filsuf ketika bangsa Yunani dikuasai oleh pemikiran mitologis, Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama karena mencoba menjelaskan dunia dan gejala-gejala di dalamnya tanpa bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusia. Thales adalah orang yang pertama kali memikirkan tentang asal mula terjadinya alam semesta.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Di Dunia

Seorang matematikawan, astronom, dan geografer Yunani yang memperkenalkan pengertian istilah geografi dalam ketiga volume bukunya yang bertajuk “Geographika” dalam ketiga buku tersebut ia memetakan seluruh dunia yang dikenalnya, bahkan ia membagi bumi menjadi lima zona iklim. Ia merupakan “Father Of Geography” dia menciptakan terminologi yang dipakai hingga sekarang dan masih banyak lagi kontribusi Erastothenes dalam pengetahuan geografi.

Geografi sejak perkembangannya, dimulai dari menceritakan tentang daerah lain, sudah lebih di khususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu daerah yang sudah mempunyai ciri khas tersendiri dan adanya hubungan antardaerah (tempat).

Geografi merupakan studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut. Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam. Dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional. Geografi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Ruang Dan Geografi (definisi Beberapa Istilah Terkait Ruang Dalam Geografi)

Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi. Kemudian halam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi memplejari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografinya. Itulah tadi merupakan pengertian geografi menurut para ahli, semoga artikel ini bisa menjadi referensi pendukung bagi para peserta didik dalam mempelajari geografi di sekolah khususnya, dan umumnya bagi para pembaca yang sedang mendalami tentang geografi khususnya materi dasar tentang pengertian geografi menurut para ahli, apabila ada tambahan mengenai materi pengertian geografi menurut para ahli silahkan tambahkan di kolom komentar, terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Konsep Geografi Menurut Para Ahli – Pada halaman sebelumnya kita telah membahas tentang sejarah geografi. Untuk itu (sebagai lanjutannya) di halaman ini kita akan membahas tentang konsep-konsep geografi yang diutarakan oleh para ahli sejak zaman Yunani kuno.

Namun perlu kita ketahui bahwa pada saat itu manusia diperkirakan belum mengenal pendokumentasian secara ilmiah dan baru di zaman Yunani kuno hal ini diperkenalkan sehingga sejarah geografi dapat kita ketahui dari tulisan-tulisan dokumentasi dari zaman Yunani kuno.

Bangsa Yunani kuno telah mengenal pendokumentasian terkait fakta-fakta yang berkaitan dengan objek studi geografi. Tercatat, geograf pertama dari bangsa ini yaitu Thales (640– 546 SM) yang melakukan penelitian dengan melakukan perjalanan di berbagai tempat di dunia.

Konsep Geografi Menurut Para Ahli - Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Kemudian disusul oleh Herodotus (485–425 SM) yang melakukan pendokumentasian keadaan geografi di wilayah timur tengah. Lalu disusul oleh Phytheas yang telah mampu mengukur jarak dari matahari ke bumi kemudian dilanjutkan lagi oleh ilmuwan lainnya yaitu Eratosthenes (276–194 SM) yang mampu menghitung keliling Bumi dengan hanya selisih 1% saja dari keliling bumi yang sebenarnya.

Varenius merupakan seorang berkebangsaan Jerman yang lulus dari Ilmu Kedokteran Universitas Leiden, Belanda namun pada akhirnya ia juga menjadi seorang geograf. Ia mampu menulis buku yang menjadi buah pikirnya dalam ilmu geografi yaitu berjudul “Geographia Generalis”.

Dalam bukunya ini, Varenius berpendapat bahwa geografi merupakan campuran ilmu matematika yang membahas tentang bagian-bagian bumi dan benda-benda langit dimana keilmuan geografi sendiri dibagi menjadi dua yakni geografi umum dan geografi khusus.

Akan membahas bagian bumi secara umum yang mencakup tiga bagian yaitu terestrial (pengetahuan tentang Bumi secara keseluruhan, bentuk dan ukurannya), astronomis (pengetahuan tentang hubungan Bumi dengan bintang) dan komparatif (pengetahuan lengkap mengenai Bumi serta letak dan tempat-tempat di permukaan Bumi).

Akan membahas objek geografi dalam cakupan wilayah tertentu. Geografi khusus terbagi menjadi tiga bagian pokok yaitu atmosferis (khusus berbicara tentang iklim), litosferis (khusus berbicara tentang permukaan bumi) dan manusia (khusus membicarakan tentang keadaan manusia misalnya kependudukan, perniagaan, pemerintahan dsb).