Pengertian dan Macam Reklame

Saat ini banyak perusahaan besar memanfaatkan reklame. Reklame digunakan perusahaan sebagai tempat untuk mempromosikan suatu jasa perusahaan iklan jakarta maupun produk yang sedang di tawarkan. Berikut ini merupakan penjelasan tentang pengertian, macam dan model reklame. Kemudian terhitung ulasan tentang izin pemasangan reklame. Simak ulasan selanjutnya ini .

Pengertian Reklame

Reklame merupakan kata yang berasal dari bahas Spanyol. Arti kata RE yakni merupakan “ kembali “ atau “berulang-ulang”. Kemudian kata CLOMOS yang memiliki makna “berseru”. Sehingga reklame merupakan seruan atau ajakan yang berulang ulang.

Hal ini memiliki target untuk menginformasikan, mengajak, atau menawarkan sebuah produk maupun jasa dengan cara yang unik dan menarik. Sehingga kastemer tertarik untuk membeli maupun memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain menurut bhs Spanyol reklame terhitung didefinisikan oleh para ahli antara lain W.H van Baarle dan F.E Holannder

Macam macam Reklame

Reklame dibagi menjadi sebagian macam. Reklame dibagi dan dikelompokkan menurut target pembangunannya, sifat, daerah pemasangan dan tempat pemasangannya. Berikut ini merupakan macam macam wujud reklame :

1. Reklame Menurut Tujuan Pembangunan

a. Reklame Komersial
Reklame komersial umumnya memiliki target untuk kepentingan usaha. Tujuan dari pemasangan reklame komersial ini adalah untuk meningkatkan keuntungan bagi pelaku usaha atau bisnis. Reklame model ini umumnya mampir dari pelaku usaha dan usaha baik milik negri maupun swasta.

b. Reklame Non-Komersial
Reklame non-komersial umumnya memiliki target untuk menyampaikan, mengajak masyarakat untuk ikuti atau melakukan pesan atau kata-kata yang disampaikan terhadap reklame. Reklame model ini umumnya mampir dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

2. Reklame Menurut Sifat

a. Reklame Peringatan
Reklame peringatan ini umumnya untuk mengimbuhkan peringatan kepada msyarakat umum. Jenis reklame ini umumnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat.

b. Reklame Ajakan
Reklame ajakan ini merupakan model reklame anjuran atau ajakan untuk berharap masyarakat mengikutii prosedur yang telah ditetapkan.

c. Reklame Penerangan
Reklame penerangan merupakan reklame untuk meyampaikan informasi terhadap masyarakat.

 

3. Reklame Menurut Pemasangan

a. Reklame INDOOR
Reklame indoor merupakan reklame yang dipasang di dalam ruangan. Reklame yang dipasang di di dalam ruangan ini umumnya memiliki ruang yang terbatas.

b. Reklame OUTDOOR
Reklame outdoor merupakan reklame yang dipasang diluar ruangan. Reklame yang dipasang di luar ruangan umumnya memiliki wujud yang lebih bebas dikarenakan ruang yang tek terbatas.

 

4. Reklame menurut Media

a. Reklame Audio : Reklame model ini memiliki suara dan tidak terkandung gambar
b. Reklame Visual : Reklame model ini lebih memanfaatkan objek yang mampu dilihat, seperti gampar maupun video hanya saja reklame model ini tidak memiliki suara.
c. Reklame Audio-Visual : Reklame audio visual merupakan model reklame dari gabungan audio dan visual. Reklame model ini mampu menampilkan gambar bergerak dan memiliki suara.

 

Jenis Reklame

Ada sebagian model reklame yang sering kami jumpai dijalan. Tapi tahukah anda apa saja model reklame yang ada. Berikut merupakan model reklame yang mampu anda ketahui :

1. Billboard
2. Baliho
3. Spanduk
4. Poster
5. Plakat
6. Mobile
7. Neonbox
8. Videotron
9. Megatron

Tahapan Izin Pemasangan Reklame

Berikut ini merupakan tahapan tentang cara mengurus izin reklame dengan ukuran yang kecil di Jakarta :

1. Mengisi formulir Surat Pendaftaran Objek Pajak Daerah (SPOPD) dan diberi materai 6000
2. Penyerahan formulir dan berkas persyaratan
a. fotokopi Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD) dan izin lama pemasangan
b. fotocopy KTP
c. Foto wilayah pemasangan
d. Desain reklame
e. fotocopy PBB
f. Surat izin pemilik tempat
3. Membayar SKPD pajak reklame di kantor perbendaharaan dan kas daerah
4. Penyerahan bukti pembayaran SKPD yang telah divalidasi dan ditandatangai oleh kasda

JagoanReklame merupakan perusahaan di Tangerang yang telah berpengalaman lebih dari 6 tahun di dalam bidang outdoor advertising. Kami memliki teknisi yang handal dan etos kerja yang baik.