Minuman Khas Sumatera Barat, Wajib Coba

Beberapa jenis minuman khas sumatera barat di ranah Minang ini dapat dikatakan sebagai minuman unik karena bahan pembuat dan cara penyajiannya berbeda dari biasanya. Tentunya minuman-minuman nikmat tersebut dapat memberikan energi dan melepas dahaga.

Tidak hanya rasanya, tetapi juga manfaat lain seperti kemampuan mengusir angin, menambah energi, serta menghilangkan pegal linu. Meski tidak sepopuler masakan khas Minangkabau yang bisa ditemui hampir di setiap sudut kota, kita harus mengenali minuman khas sumatera barat ini.
Selain itu, minuman khas Sumatera Barat ini terbuat dari berbagai bahan alami (herbal) yang diperoleh dari lingkungan alam dan tidak pernah habis

Minuman Khas Sumatera Barat Yang Melegenda

Aia Kawa ( Air Kopi Daun )

Minuman Kopi Kawa Daun Minuman Khas Sumatera Barat Kopi kawa Daun

Menurut riwayat lahirnya minuman khas sumatera barat ini, aia kawa merupakan minuman khas Sumatera Barat yang lahir dari sebuah sejarah yang terjadi pada masa penjajahan.  aia Kawa tercipta pada masa pendudukan Belanda yang saat itu menguras hasil bumi penduduk Indonesia. Konon menurut ceritanya, lahirnya aia kawa merupakan salah satu lambang dari penderitaan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.

Dimana masa penjajahan hasil bumi penduduk Indonesia dirampas untuk kepentingan mereka sendiri. Penduduk dijadikan budak dilahan mereka sendiri yang kemudian hasil bumi mereka diambil dan dirampas secara paksa. Ketika itu masyarakat dimana Aia Kawa lahir di daerah Kabupaten Tanah Datar, ingin menikmati kopi dari hasil yang mereka tanam sendiri.

Namun karena kopi menjadi salah satu rampasan colonial, masyarakat tidak dapat menikmati hasil bumi mereka sendiri. Salah satu semangat perjuangan yang menjadi pembelajaran untuk kita saat ini sebagai generasi yang telah menikmati hasil perjuangan nenek moyang kita semua dalam perjuang mempertahankan bangsa ini.

Dan untuk mengakali itu, timbul pemikiran masyarakat pada saat itu untuk dapat menikmati hasil bumi yang mereka sendiri adalah menikmati minuman yang terbuat dari daun kopi yang mana biji kopi telah dirampas oleh penjajah. Yang saat ini mengisi keragaman kuliner di Sumatera Barat dan Indonesia. Serta menjadi minuman favorit masyarakat di Sumatera Barat saat ini.

Sebuah keunikan yang lahir dari sebuah minuman nikmat khas sumatera barat, minuman yang lahir dan menceritakan tentang sejarah perih masa penjajahan. Aia Kawa (air daun kopi) atau Kawa Daun adalah minuman khas sumatera barat yang terbuat dari dari daun kopi yang disangrai selama 12 jam. Kemudian, daun kopi yang telah disangrai itu disuguhkan dalam tempurung kelapa dengan tatakan yang sudah diolah.

Tidak hanya di Sumbar, di Kerinci orang mengenal Kawa Daun dengan sebutan Air Kawo.

Baca Juga :

Aia Aka ( Cincau Minangkabau )

Minuman Cincau DaunAir Akar Aia Aka ( Air Akar )

Aia Aka berwarna hijau, teksturnya kenyal seperti agar-agar dan menyegarkan tenggorokan. menjadi minuman khas sumatera barat yang menggugah selera, Tidak hanya itu, sajian Aia Aka dipercaya oleh masyarakat Sumatera Barat sebagai pereda panas dalam.

Minuman nikmat khas sumatera barat bernama Aia Aka juga dikenal dengan sebutan ‘ubek tawa’. Masyarakat Minang percaya, sari pati perasan daun cincau yang mengental punya khasiat positif terhadap kesehatan. Banyak khasiat Aia Aka yang dipercaya masyarakat Sumbar, di antaranya meredakan panas dalam dan menghilangkan perut kembung.

Bentuk dari minuman khas sumatera barat ini mirip dengan agar-agar atau cendol. Teksturnya kenyal dan lembut ketika disantap. Cincau hijau yang digunakan untuk membuat Aia Aka berwarna hijau mengkilat karena ini berasal dari racikan daun cincau yang diolah dengan cara tradisional. Karena masih mengutamakan pembuatan tradisional dan memiliki rasa yang khas, tidak heran jika Aia Aka di kota Bukittinggi menang dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 untuk kategori Minuman Tradisional Terpopuler.

Untuk penyajiannya sangat mudah. Siapkan cincau hijau di dalam gelas dan siram dengan santan dan gula merah yang telah direbus. Selain rasanya yang menjadi minuman nikmat khas sumatera barat yang segar, minuman ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat untuk panas dalam.

Segelas Aia Aka dibanderol dengan harga cukup murah, sekitar Rp5.000 per gelas. Jika ingin dicampur telur ayam kampung atau itik, harganya akan naik jadi sekitar Rp8.000.

Teh Talua ( Teh Telur )

Minuman Teh Talua ( Teh Telur )

Teh talua, minuman khas sumatera barat yang klasik berasal dari telur bebek semakin dikenal kehadirannya berkat kedatangan warga Sumatra Barat ke seluruh penjuru Indonesia dan kekuatan kultur kulinernya. Dari warung hingga rumah makan besar khas Minang, teh talua selalu tersedia di menu dan disajikan hangat.

Teh talua terkenal dengan menfaatnya sebagai penambah tanaga. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memesan minuman khas sumatera barat di berbagai rumah makan Minang maupun membuatnya sendiri. Membuat teh talua sendiri di rumah tidak sulit asalkan semua bahan sudah tercukupi.

Dahulunya, teh talua adalah minuman khas sumatera barat untuk para elit di Minangkabau. Kerap disajikan saat pertemuan para bangsawan, pejabat, pedagang, serta perantau kaya di berbagai kediamannya. Minuman ini merupakan simbol prestise sehingga biasa disuguhkan pada tamu sebagai bentuk hormat. Pada dasarnya, masyarakat Minang memang terkenal akan adab dan budayanya yang istimewa saat menjamu tamu, acara resmi, lamaran, ataupun pernikahan.

Teh talua merupakan produk rakyat Minang di masa kolonial Belanda. Minuman ini dikenal berbuih bagian atasnya, sehingga menyerupai bir yang saat itu dinikmati para pendatang dari Eropa. Teh talua dan bir pletok merupakan interpretasi atas minuman tersebut, namun menggunakan bahan lokal dan tidak mengandung alkohol sama sekali. Karena kreativitas masyarakat masa lalu inilah Indonesia mengenal sajian-sajian legendaris seperti sosis Solo, bir pletok, dan tentunya yang satu ini.

Namun ceritanya tidak berhenti di situ, karena ada juga legenda lain yang menyebutkan bahwa teh talua diciptakan saat menara Jam Gadang tengah dibangun. Banyaknya putih telur yang digunakan sebagai bahan semen menjadikan warga menciptakan minuman nikmat teh talua dengan menggunakan kuning telur yang tersisa dan berlimpah. Menariknya, perkebunan teh di Sumatra Barat memang sudah bisa diakses hasilnya oleh warga pada paruh awal abad ke 20. Maka bukan kebetulan bila semua cerita ini bertautan pada linimasa yang bersamaan, meskipun cerita sebenarnya tidak pernah didokumentasikan secara detil.

Beberapa manfaat yang diyakini oleh masyarakat minang tentang khasiat teh telur :

  1. Menambah Tenaga
  2. Menjaga Kesehatan Mata
  3. Meningkatkan Stamina Pria
  4. Menjadi sumber energi
  5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dalam Tubuh

Es Tebak

Minuman Es Tebak

Es Tebak adalah salah satu jenis minuman khas sumatera barat yang cocok banget jadi pelepas dahaga. Minuman khas sumatera barat ini berasal dari Sumatera Barat, Es tebak merupakan jenis es campur. Biasanya disajikan dalam mangkuk kecil, atau gelas yang cukup besar. Minuman dingin ini pasti sangat pas dinikmati di siang hari. Rasa haus bisa langsung hilang dengan semangkuk minuman dingin ini.

Es Tebak terbuat dari potongan nangka, tape singkong, cincau, kolang kaling, kelapa muda dan tebak. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah santan, serta sirup maupun susu. Agar lebih lengkap dan nikmat, ditambahkan es serutan di atasnya.

Mengenai sejarah Es Tebak ini, faktanya belum ada referensi pasti mengenai asal usulnya. Hanya saja, es ini bisa dijelaskan sebagai minuman nikmat khas dari daerah tertentu. Yakni minuman khas dari tanah Minang.

Sedangkan untuk penamaan es campur minang ini, bisa dilihat dari isian pelengkap yang disebut dengan tebak. Es campur dibuat dengan bahan-bahan utama seperti biasanya, dan pelengkap utamanya adalah tebak yang merupakan sajian khas di tanah minang. tebak ini adalah sejenis makanan olahan.

Tebak ini dibuat dari tepung beras ketan, tepung sagu yang dimasak dengan air garam dan kapur sirih. Hasilnya menjadi lebih kental, bahkan cenderung keras. Setelah menjadi semacam adonan, adonan tersebut dibuat menjadi semacam cendol. Warnanya lebih putih, dan teksturnya agak keras.

Tebak ini kemudian dimasukkan dalam es campur. Es campurnya terdiri dari beberapa bahan seperti cincau, sirup, susu, kolang kaling dan tentunya es serut. Jadi, es campurnya rame banget dan rasanya juga legit, penamaan dari Es Tebak ini tak lain dikarenakan adanya Tebak (jenis makanan berbentuk cendol dari minang) di dalam es tersebut. Dan ini yang akhirnya membuat minuman ini lebih khas.

Jus Pinang Mudo ( Jus Pinang Muda )

Minuman Jus Pinang Muda

Jus pinang Muda adalah minuman khas sumatera barat yang digemari masyarakat Sumatera Barat sejak dulu. Diyakini ramuan ini mengandung khasiat untuk kesehatan serta menambah stamina.

Jus ini terbuat dari beberapa butir pinang muda, dikorek isinya, campur dengan kuning telur ayam kampung atau telur itik, madu, susu, dan segelas air panas. Atau bisa juga ditambah dengan jahe dan gula merah. Minuman khas Sumatera Barat yang banyak dijual sore hingga malam hari ini konon berkhasiat untuk meningkatkan stamina, terutama stamina pria, dan mengobati badan yang pegal.

Sejak dahulu, banyak orang yang percaya bahwa buah pinang memiliki kandungan khusus yang dapat meningkatkan keperkasaan pria. Konon katanya juga, tentara Indonesia banyak yang menggunakan buah pinang ketika harus berperang melawan penjajah dan berkelana di dalam hutan.

Para pejuang banyak mengonsumsi buah pinang sebagai santapan sehari-hari. Terbukti, banyak di antara mereka yang memiliki stamina yang mantap, sekalipun jarang mendapatkan jatah makanan. Di samping itu, buah pinang juga dapat membantu pasangan suami istri dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

 Es Durian

Minuman Es Durian

Es durian merupakan minuman khas sumatera barat yang hadir memanjagakan lidah pecinta durian dengan es campur durian. Es campur durian ini juga dilengkapi dengan buah-buahan yang telah di cincang halus melengkapim isiannya. Sehingga rasanya akan lebih bervariasi ketika di mulut.

Topingnya pun beragam, mulai dari es krim durian ataupun es krim strauberi dan coklat. salah satu kedai Es durian di kota padang bernama Ganti nan lamo ini telah di buka sejak tahun 1986 yang awalnya hanya menyetok beberapa durian saja. Sehingga kala itu merasa adanya kesulitan dalam memenuhi stok durian dan permintaan setiap hari dari penyuka olahan durian tersebut.

lahan es durian yang sangat digandrungi para pecinta es durian tersebut dari awal buka hingga kini menyebabkan Irwan sebagai pemilik perlu memiliki kulkas pendingin yang lebih besar dan lebih banyak lagi untuk menyetok durian. Untuk sat ini setahun itu kita bisa memenuhi stok durian karena kulkas kita yang sudah mampu menyimpan banyak stok durian dan mampu menampung hingga 700 kg durian yang telah dipisahkan dari bijinya.

Untuik membuat olahan es durian, tak semua jenis durian yang bisa digunakan. Namun saat ini hanya bisa di gunakan durian yang berasal dari sumbar. Hal ini desebabkan durian sumbar memiliki rasa yang pas apabila dibuat olahan es durian. Pernah dulu saya coba mengolah durian jawa menjadi olahan durian, tapi rasanya kurang pas,” tuturnya.

Untuk harga olahan es durian ini, sangat terjangkau mulai dari RP 25.000 es durian yang lezat ini sudah dapat dinikmati.