Mengetahui Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP)

Pengertian Konfirmasi Status Wajib Pajak sebagaimana info formal dari DJP, yakni kesibukan yang dilaksanakan oleh pemerintah sebelum akan memberi tambahan fasilitas publik spesifik untuk meraih info status wajib pajaknya. Terhadap KWSP tersebut, maka akan terdapat 2 info dari DJP, yakni status valid atau tidak valid. KSWP valid mampu diberikan kalau wajib pajak telah memenuhi ketentuan sebagai berikut:

• Nama wajib pajak terdaftar sama dengan nama pada NPWP dan sesuai dengan data yang ada didalam Sistem Informasi DJP.

• Telah menyampaikan dan melaporkan SPT Tahunan PPh untuk 2 th. pajak terakhir sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

Cara Mengurus KSWP

KSWP pajak mampu diperoleh dengan mampir langsung ke Kantor jasa konsultan pajak terdaftar dengan membawa surat keinginan info status wajib pajak. Surat ini berwujud formulir yang telah dihidangkan oleh KPP terdaftar dan wajib diisi oleh wajib pajak sendiri. Selain membawa surat keinginan info status wajib pajak, wajib pajak juga wajib buat persiapan bukti lapor SPT PPh untuk 2 th. pajak terakhir.

Aplikasi Informasi KSWP

Setelah selesai mengurus surat KSWP, maka status KSWP mampu diketahui secara online. Saat ini, DJP telah meluncurkan aplikasi Info Konfirmasi Status Wajib Pajak (iKSWP) untuk memfasilitasi wajib pajak berkaitan keperluan administrasi perpajakan.

Aplikasi Konfirmasi Status Wajib Pajak online ini mampu digunakan untuk 3 layanan, yakni mengerti Status KSWP, Memperoleh Surat Keterangan Fiskal, serta untuk meraih Surat Keterangan Domisili dan Subjek Pajak didalam Negeri.

Berdasarkan PP Presiden No. 54 Tahun 2018, maka wajib pajak mampu mengerti status KSWP secara independen sebelum akan mengajukan fasilitas publik spesifik melalui aplikasi iKSWP ini. PP ini juga telah didukung dengan ketentuan dengan Pimpinan KPK, Menteri PPN/Kepala Bapenas, Mendagri, Menteri PANRB, dan Kepala Staf Kepresidenan. Mulai awal th. 2020 implementasi KSWP direncanakan akan tambah diperluas, supaya akan mencakup 28 Kementerian/Lembaga.

Dengan aplikasi iKSWP, wajib pajak juga mampu meraih Surat Keterangan Fiskal (SKF). Setelah wajib pajak menyampaikan permohonannya, maka SKF akan langsung ditampilkan oleh sistem. Wajib pajak juga mampu meraih Surat Keterangan Domisili untuk Subjek Pajak Dalam Negeri melalui aplikasi iKSWP untuk keperluan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B).

Untuk pakai ketiga fasilitas tersebut, maka wajib pajak mampu langsung terhubung fasilitas DJP Online, dengan khususnya dahulu login pakai username dan password yang dimiliki. Selanjutnya, aktifkan fasilitas iKSWP dengan memilih menu DJP Online, Profil Lengkap, Tambah Hak Akses pada aplikasi DJP Online.

Demikianlah pentingnya mengerti KSWP didalam sistem perpajakan di jaman digital ini. Jangan lupa untuk selamanya mengelola keuangan dengan laporan keuangan yang akurat dan secara real time. Anda mampu memilih software akuntansi Harmony yang mudah digunakan oleh beragam kalangan bisnis.