Mengenal Cara Kerja Electric AC Motor

Peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik seperti kipas angin, mesin cuci, pompa air, penyedot debu, dan sebagainya tentu menggunakan sistem elektrik agar bisa berfungsi. 

Alat yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik sering disebut sebagai motor elektrik atau electric AC motor. Sebaliknya, alat yang digunakan untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut dengan generator atau dinamo.

Alat ini cocok diaplikasikan pada berbagai macam alat karena alatnya yang fleksibel, efisien, dan tidak menghasilkan suara. Lalu, bagaimana cara kerja dari alat ini?

Cara Kerja Electric AC Motor

Ada tiga komponen utama pada electric AC motor, yaitu stator, drum luar stasioner, dan rotor (bagian dalam berputar yang melekat pada poros motor). Fungsi stator dan rotor adalah untuk menghasilkan medan magnet yang berputar. Dari proses ini, gulungan stator akan menciptakan medan putar yang dibuat oleh arus bolak-balik (AC).

Pada motor listrik, tenaga listrik akan diubah menjadi tenaga mekanik melalui arus bolak-balik (AC). Prinsip kerja dari electric AC motor adalah dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektromagnet.

Lalu, kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama (kutub utara dan selatan) akan tarik-menarik. Maka, akan ada gerakan pada electric AC motor jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap.

Jenis Electric AC Motor

Ada dua jenis electric AC motor, yaitu searah dan induksi. Pada motor searah, putaran poros berada pada kecepatan yang sama dengan frekuensi arus yang diberikan dengan elektromagnet AC yang menghasilkan medan magnet berputar. 

Sedangkan, pada motor induksi, atau motor asinkron, adalah jenis motor eksitasi tunggal di mana arus diterapkan ke salah satu bagian motor, stator. Fluks dari stator memotong kumparan hubung singkat di rotor, yang merasakan torsi yang membuat rotor berputar.

Kelebihan Electric AC Motor

Electric AC motor dapat digunakan untuk menghidupkan peralatan-peralatan elektronik hingga memasok daya ke mesin besar. Biayanya rendah serta dapat bekerja dengan tingkat efisiensi yang tinggi membuat alat ini bisa diaplikasikan pada berbagai hal. Alat apapun yang menggunakan motor listrik, maka electric AC motor menjadi inti dari aplikasinya.

Selain itu, electric AC motor lebih bertenaga daripada motor jenis lain karena dapat menghasilkan torsi yang lebih besar dengan menggunakan arus yang kuat. Alat ini pun memiliki berbagai ukuran, konfigurasi, dan kekuatan yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan daya industri apa pun.

Alat ini pun memiliki umur pemakaian yang panjang dan minim perawatan. Satu-satunya komponen yang mungkin perlu dirawat dan diganti secara berkala adalah bagian bearings atau bantalan. Alat ini pun hanya memerlukan perbaikan sederhana, mudah, dengan harga terjangkau. Electronic AC motor memiliki dua bearings yang harus dilumasi secara berkala.

Terakhir, alat ini pun dapat diatur kecepatannya, Kecepatan electric AC motor dapat dikontrol dengan mengubah frekuensi yang dikirim ke motor, sehingga dapat dipercepat atau diperlambat.

Jika Anda sedang mencari tempat jual electric ac motor, Anda bisa mengunjungi PT. Sarana Teknik. Perusahaan ini merupakan distributor transmisi tenaga mekanik dan produk motor listrik. Mesin-mesin tersebut diantaranya adalah produk electric AC motor, Roller & Conveyor Chain, Pulley & Conveyor Belt, Coupling, dan lainnya.