Mari kita simak jenis-jenis asuransi pendidikan

 

Kelangsungan hidup anak adalah hal yang paling penting. Semua kebutuhan, mulai dari asuransi dasar hingga pendidikan, harus dipenuhi secara memadai. Selain itu, produk ini juga menawarkan sarana untuk menabung. Meski tidak ada risiko kematian, nasabah tetap bisa mencairkan uang pendidikannya. Sebagian besar penawaran asuransi ditujukan kepada orang tua untuk memastikan pendidikan anak mereka. Karena Biaya pendidikan meningkat setiap tahun. Ada berbagai jenis asuransi pendidikan yang beredar di pasaran, antara lain Endowent atau asuransi dwiguna, asuransi unit link, dan asuransi syariah. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jenis-jenis asuransi Pendidikan di Indonesia

Endowent atau asuransi dwiguna

Jenis asuransi pendidikan Dwiguna menawarkan dua manfaat yaitu asuransi jiwa dan penggantian biaya yang jelas. Jika tertanggung (orang tua) meninggal dunia atau menjadi cacat tetap selama masa pertanggungan, asuransi akan menanggung pembayaran UP untuk biaya sekolah. Jika tidak ada kerusakan yang dilaporkan selama masa asuransi, tertanggung berhak menerima manfaat yang terkumpul.

Asuransi unit link

Jenis asuransi pendidikan unit link  adalah perlindungan  nilai yang bertindak sebagai investasi.Artinya, kemenangan dapat ditarik bersamaan dengan tanggal jatuh tempo pembayaran uang sekolah.Namun, sekali lagi ini adalah investasi yang biasanya tidak memiliki jaminan. Jadi Anda tetap harus mendapatkan keuntungan dari asuransi yang telah Anda ambil. Asuransi ini merupakan gabungan dari jaminan pendidikan dan tabungan.Oleh karena itu, kontribusi yang dibayarkan oleh orang tua dapat dibayarkan selama jangka waktu tertentu, sesuai kesepakatan.Sehingga ketika waktunya membayar, jumlah uang yang diterima cukup besar

Asuransi syariah

Jenis asuransi pendidikan yang terakhir adalah asuransi pendidikan syariah. ternyata, asuransi ini  sama dengan produk dual use dan single linked. Hanya saja, dengan asuransi sekolah syariah, dana pembayaran nasabah dikelola berdasarkan syariat Islam, dengan prinsip gotong royong. Oleh karena itu produk ini halal dan tidak mengandung riba dan menggunakan syariat islam.

Memilih asuransi pendidikan untuk anak melibatkan proses yang panjang.kita harus hati-hati mempertimbangkan semua langkah untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: Microsoft Online