Manfaat liburan buat kamu apa si ?

porta berita indonesia – Pasti setiap orang membutuhkan liburan untuk menghilangkan rutinitas sehari-hari atau sekedar melepas segala ketegangan yang membebani pikiran.

portal berita indonesia

Dr Leigh Vinocur dari American College of Physicians mengatakan setiap orang membutuhkan setidaknya dua hari untuk mendapatkan pelepasan sejenak dari kelelahan. Tidak butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas. Habiskan saja akhir pekan dengan orang yang tepat dan buatlah rencana kegiatan yang menyenangkan, karena akan memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung

Beban pekerjaan, rumah, dan tagihan keuangan yang menumpuk di pikiran Anda dalam waktu lama dapat menyebabkan stres dan menyebabkan hormon kortisol terus meningkat. Melonjaknya hormon kortisol membuat seseorang merasa cemas dan depresi. Jika kondisi ini terus berlanjut, tekanan darah akan naik dan memicu serangan jantung. Inilah alasan mengapa liburan adalah pilihan terbaik untuk mencegah kemungkinan ini. porta berita indonesia

2. Menurunkan berat badan

Bagi para pemakan emosional, liburan adalah alternatif yang tepat untuk melepaskan ketegangan mereka. Selama liburan Anda, Anda akan menemukan hal-hal baru yang mengalihkan perhatian Anda dari makanan. 

3. Otak cerdas

Jangan memaksakan diri untuk fokus pada pekerjaan ketika Anda merasa benar-benar tidak bisa. Gejala-gejala ini menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami stres kronis.

Stres kronis memodulasi bagian otak yang membahayakan memori Anda. Beristirahatlah dan pergi berlibur untuk menyegarkan pikiran karena 71% orang yang rutin berlibur akan lebih sukses di kantor.

4. Memperkuat hubungan

Stres kronis menyebabkan hormon kortisol, sehingga hormon kebahagiaan, seperti endorfin, rendah. Menghabiskan liburan bersama pasangan tidak hanya meningkatkan hormon kebahagiaan tetapi juga hormon seksual seperti testosteron yang dapat meningkatkan gairah Anda dan pasangan. Kehidupan seks yang sehat akan membuat hubungan Anda tetap harmonis.

5. Meningkatkan konsentrasi

Setelah kembali dari liburan, kemampuan berkonsentrasi akan meningkat. Selain itu, tingkat produktivitas telah meningkat. Karena liburan bermanfaat untuk menghilangkan stres yang menghambat aktivitas otak dan menyebabkan masalah pada daya ingat kita. Dengan berlibur, Anda dapat merangsang otak untuk bekerja lebih baik.