Lakukan Meditasi Untuk Dukung Kesehatan Mental dan Fisik

Lakukan Meditasi Untuk Dukung Kesehatan Mental dan FisikBanyak orang berpikir bahwa Anda membutuhkan ruangan yang tenang, musik khusus, atau ritual tertentu untuk bermeditasi. Padahal, Anda bisa melakukannya kapan saja, misalnya saat menunggu bus datang, di sela-sela kerja, atau di tengah kemacetan. Meditasi adalah bentuk latihan untuk memfokuskan dan menjernihkan pikiran, sehingga Anda bisa merasa tenang, rileks, dan lebih produktif.

Ini biasanya dilakukan dengan duduk tenang, dengan mata tertutup, dan bernapas perlahan dan mantap, setidaknya selama 10 hingga 20 menit. Meditasi dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Kegiatan ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus, dan jika dilakukan secara teratur, meditasi dapat membantu mendukung kesehatan mental dan fisik.

Cara Kerja Meditasi

Saat stres, tubuh melepaskan hormon stres yang dapat memberikan berbagai efek pada tubuh, seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah, kecemasan dan insomnia, serta memengaruhi libido dan rasa lapar. Setelah stres terkendali, kondisi tubuh akan kembali normal seperti sedia kala.

Namun, beberapa orang mungkin merasa sulit untuk mengontrol stres mereka. Untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres untuk selamanya, Anda dapat mencoba beberapa cara, termasuk meditasi.

Dengan bermeditasi, Anda akan dilatih untuk mengesampingkan pikiran negatif yang menyebabkan stres, memotivasi diri sendiri, dan membuat tubuh Anda lebih tenang dan rileks. Selain itu, meditasi juga memiliki cara yang efektif untuk mengaktifkan gelombang gamma di otak, yang berperan penting dalam pembelajaran, konsentrasi, memori, dan kesadaran.

Berbagai Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Meditasi adalah kegiatan yang telah dipraktekkan selama ribuan tahun di berbagai negara, seperti Cina dan India. Hingga saat ini, berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental dan fisik, seperti:

  • Mencegah dan mengurangi stres, depresi dan kecemasan.
  • Mengatur emosi dan membentuk pikiran positif.
  • Pereda sakit.
  • Mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Mempromosikan tidur yang lebih sehat dan membantu mengatasi insomnia.
  • Meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan mencegah pikun.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meditasi juga dapat dipraktikkan sebagai cara untuk membantu mengatasi masalah kecanduan atau kecanduan, seperti kecanduan nikotin, obat-obatan, atau alkohol, atau kondisi medis tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar, dan gangguan tidur.

Namun, penting untuk diingat bahwa peran meditasi tidak dapat menggantikan pengobatan medis untuk penyakit tertentu. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin mencoba meditasi untuk meredakan gejalanya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Ingin konsultasi ke dokter tapi takut masalah biaya? Tidak perlu khawatir karena ada asuransi rawat jalan dari SuperYou by Sequisonline yaitu layanan Super Care Protection yang bukan hanya memberikan layanan asuransi rawat jalan namun juga rawat inap. Tentunya perlindungan ini sangat optimal.