Kondisi Medis Apa Yang Berada Di Bawah Lingkup Spesialisasi Penyakit Dalam

Berikut adalah beberapa kategori penyakit yang termasuk dalam disiplin ilmu penyakit dalam di antara ratusan penyakit yang dapat ditangani oleh spesialis penyakit dalam:

Alergi imunologi klinis adalah cabang kedokteran yang mempelajari penyakit pada sistem kekebalan, termasuk autoimun, imunodefisiensi, dan penyakit alergi.

Ilmu gastroenterologi meliputi pengobatan dan pencegahan penyakit pankreas, kandung empedu, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar serta penyakit pada sistem pencernaan dan hati. Hepatitis, pankreatitis, hati, dan kanker saluran pencernaan adalah beberapa contoh gangguan.

cabang geriatri yang berhubungan dengan identifikasi, manajemen, dan pencegahan penyakit pada orang tua, terutama yang berkaitan dengan penuaan. Malnutrisi, inkontinensia urin, dan osteoartritis adalah beberapa contoh penyakit.

Kelainan ginjal, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, atau masalah tekanan darah yang lebih kompleks, seperti yang melibatkan pasien yang menjalani transplantasi ginjal atau dialisis, adalah contoh domain ginjal hipertensi. Batu saluran kemih dan gagal ginjal akut dan kronis adalah beberapa manifestasi dari kondisi tersebut.

Anemia, hemofilia, leukemia, limfoma, dan kanker adalah beberapa penyakit yang dipelajari di bidang hematologi dan onkologi medis, yang menangani diagnosis dan pencegahannya.

Ilmu yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah dalam kaitannya dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Gagal jantung, penyakit jantung koroner, penyakit katup jantung, aritmia, dan penyakit jantung rematik adalah beberapa contoh penyakit.

Diabetes endokrin-metabolik adalah bidang yang meneliti masalah dengan proses biokimia tubuh dan produksi hormon. Diabetes, penyakit tiroid, dan ketoasidosis diabetik adalah beberapa contoh penyakit ini.

bidang pulmonologi yang berkaitan dengan identifikasi dan pengobatan penyakit sistem pernapasan. Asma, bronkitis, emfisema, dan penyakit paru interstisial adalah beberapa contoh penyakit.

cabang reumatologi yang menangani diagnosis dan pengobatan penyakit rematik pada jaringan ikat tubuh, seperti sendi, tanpa operasi. Rheumatoid arthritis, osteoporosis, lupus, dan fibromyalgia adalah beberapa contoh gangguan.

Penyakit menular dengan rekan tropis sering diamati di Indonesia. Penyakit termasuk hal-hal seperti demam tifoid, infeksi cacing, dan demam berdarah.

Ketika dokter umum mengirimkan Anda ke ahli penyakit dalam yang mumpuni untuk mengobati penyakit tersebut, Anda tidak perlu bingung karena Anda akan mengetahui penyakit apa yang tergolong penyakit dalam.

Rumah Sakit Lampung terlengkap dan terkemuka di Lampung adalah Rumah Sakit Budi Medika, di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan dengan Dokter Spesialis Lampung terbaik.