Keunggulan dan Manfaat Drainage Cell Beserta Penerapannya

Drainage cell material yang digunakan untuk mengalirkan air agar tidak menggenang. Material ini berbentuk blok panel yang ringan dan mudah disusun secara interlocking sehingga banyak dipakai oleh para teknisi dalam industri dan proyek pembangunan.

Drainage cell bisa juga digunakan sebagai media untuk penyimpanan air di bawah tanah. Bahan utama dari drainage cell adalah berupa plastik polypropylene yang digabungkan menjadi satu sehingga mudah dipakai dalam proses mengalirkan air pada bawah permukaan. Drainage cell ini juga mampu menyimpan air di dalam tanah.

Keunggulan Drainage Cell

Drainage cell memiliki banyak keunggulan, sehingga tidak heran jika masyarakat menggunakan material ini untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan lainnya. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya:

  1. Memiliki tingkat pengaliran air yang baik karena permukaan dari drainage cell hampir seluruhnya berupa rongga
  2. Drainage cell merupakan salah satu material yang sudah diuji tahan terhadap bahan kimia, bakteri serta tidak mencemari lingkungan
  3. Drainage cell telah teruji mempunyai kemampuan dalam tekanan yang tinggi sehingga tahan lama dan awet hingga beberapa tahun.
  4. Proses pemasangan drainage dianggap lebih mudah dibandingkan proses pemasangan material lain yang memiliki fungsi yang sama.

Banyak kontraktor bangunan yang memilih material ini sebagai material yang serbaguna karena memang drainage cell ini cocok sekali di pakai dalam proses pembangunan kota dan daerah perumahan yang mengedepankan konsep selaras dengan lingkungan sekitar.

Drainage cell juga digunakan untuk lanskap taman atap agar menjaga kelembapan tanah. Pada roof garden, material ini berfungsi membuat aliran air mengalir dengan cepat sehingga akar tanaman tidak akan membusuk karena terendam air.

Manfaat Drainage Cell

Kemampuannya yang baik dalam mengalirkan kelebihan air secara optimal mampu mempertahankan tingkap kelembaban yang paling menguntungkan bagi tanah.

Beberapa manfaat drainage cell yang lain diantaranya:

  1. Material ringan sehingga memudahkan untuk diaplikasikan.
  2. Dirancang khusus untuk pengaplikasian yang sangat membutuhkan drainase.
  3. Air tidak akan tergenang karena kapasitas aliran lateral yang sangat tinggi.
  4. Material ini dibuat tahan terhadap kontaminan biologis.
  5. Dapat menampung air pada bagian dasarnya.

Penerapan Drainage Cell

Ada banyak penerapan drainage cell ini untuk berbagai keperluan konstruksi dan industri perumahan. Beberapa penerapan dari drainage cell ini diantaranya yaitu:

  1. Drainage cell digunakan pada pembuatan lapangan golf yang bertujuan untuk mengelola air dengan baik agar lapangan tidak tergenang air.
  2. Drainage cell dipakai untuk mengatasi limbah maupun gas beracun dalam suatu industri.
  3. Drainage cell digunakan pada tempat pembuangan sampah seperti halnya rehabilitasi tanah dan juga budidaya cacing
  4. Drainage cell diterapkan pada jalur kereta api agar tidak terjadi pemuaian akibat panas dan hujan
  5. Drainage cell diaplikasikan pada saluran air bawah permukaan
  6. Drainage cell juga sering digunakan pada roof gradens dan planter boxes supaya akar tanaman tidak membusuk
  7. Drainage cell juga bisa digunakan secara vertikal yang memiliki fungsi sebagai retaining walls supaya tanah tidak longsor
  8. Drainage cell digunakan dalam pembuatan lapangan olahraga
  9. Drainage cell digunakan pada tangki bawah tanah penampung air

Banyaknya penggunaan drainage cell membuktikan bahwa material ini memiliki banyak fungsi yang bisa dipakai oleh semua orang dalam mendukung kegiatan kontruksi bangunan. Material ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar rancangan ketika akan melakukan konstruksi.