Kenapa Kita Mendapatkan Banyak Email Spam?

Dengan jutaan orang bekerja jarak jauh dan berkomunikasi satu sama lain secara online selama krisis virus corona, email telah menjadi alat utama untuk tujuan profesional dan pribadi. Sekarang, lebih dari sebelumnya, penting untuk belajar mendeteksi serangan dunia maya yang datang dalam bentuk email, dan mengikuti rekomendasi untuk melindungi diri dari serangan tersebut.

Email sebagian besar telah menggantikan surat pos dalam hal mengirim surat, pemberitahuan, dan iklan. Salah satunya adalah iklan VPS Linux murah yang saat ini banyak digemari. Ini telah menjadi cara yang lebih murah dan sangat umum untuk menghubungi pengguna baik untuk tujuan yang sah maupun tidak sah. Mereka yang terlibat belakangan telah meningkatkan aktivitas mereka selama minggu-minggu penguncian, dan memanfaatkan ‘hiperkoneksi’ pengguna untuk meluncurkan serangan mereka, juga melalui email.

Apa itu Spam?

Spam adalah pesan email yang dikirim ke sejumlah besar penerima untuk tujuan periklanan. Ini umumnya dikenal sebagai ’email sampah’ karena tidak begitu menarik dan tidak diminta oleh pengguna. Itu sebabnya layanan email cenderung menyaring pesan-pesan ini secara otomatis dan menempatkannya di folder khusus, mirip dengan kotak surat untuk iklan.

Apa Bedanya Spam dengan Phising?

Sangat umum untuk menemukan phishing besar-besaran di folder spam – baru-baru ini terutama terkait dengan pandemi atau pengembalian pajak di Spanyol. Email ini berbeda dari spam karena baik pengirim maupun niatnya tidak sah. Mereka cenderung memasukkan penawaran komersial palsu dan berita palsu yang menyertakan data dan tautan kontak palsu.

Mereka memperoleh alamat email dan informasi lainnya di pasar ilegal yang tidak diatur di ‘web gelap’. Informasi yang tersedia berasal dari kebocoran data dan penawaran curang serta survei di jejaring sosial atau pesan viral di aplikasi perpesanan instan tempat pengguna memberikan informasi mereka secara sukarela.

Apakah Spam dan Phising Hanya Melalui Email?

Tidak. Meskipun istilah tersebut paling terkenal, dan juga digunakan sebagai istilah umum untuk platform elektronik lainnya, ada istilah khusus yang bergantung pada salurannya. Pada SMS atau aplikasi perpesanan instan, ini disebut spim, bukan spam, dan smishing, bukan phishing. Terakhir, vishing adalah sebutan untuk phishing pada panggilan telepon.

Mengapa Anda Tidak Membuka Pesan-Pesan ini?

Email ‘spam’ dan ‘phishing’ dirancang untuk menarik perhatian pengguna dan membuat mereka membukanya. Meskipun layanan email utama sering mencegah eksekusi ‘malware’ untuk membuka pesan, penting untuk selalu:

  • Verifikasi pengirim sebelum membuka pesan apa pun.

  • Jangan pernah menanggapi pesan-pesan ini. Jika email tersebut adalah ‘spam’, email tersebut cenderung berasal dari akun ‘no reply’ (yang tidak dapat menerima pesan), dan jika email tersebut adalah ‘phishing’, Anda akan mengonfirmasi bahwa informasi yang mereka peroleh secara ilegal adalah benar dan mereka dapat terus menggunakannya.

  • Jangan klik tautan, unduh atau buka dokumen terlampir atau percayai informasi kontak di badan pesan. Jika Anda tertarik dengan penawaran tersebut atau ingin menghubungi pengirimnya, verifikasi informasinya di halaman resmi.

  • Dalam ‘phishing’ dengan pemerasan, tetaplah tenang dan jangan menyerah pada permintaan penjahat karena biasanya umum dengan informasi yang dibuat-buat. Anda harus menghubungi badan publik yang mengelola kejahatan online di negara tersebut.

Pemerasan Berdasarkan Informasi yang Dibuat-buat?

Ya, ini lebih umum daripada yang terlihat. Penjahat dunia maya mendapatkan sekumpulan email dan mengirim pesan di mana pengguna diberi tahu bahwa penjahat memiliki informasi yang sangat sensitif yang dapat memengaruhi reputasi mereka dan penjahat akan mempublikasikannya jika mereka tidak melakukan pembayaran mendesak.

Ini adalah kasus ‘sextorsion’, di mana penjahat dunia maya mengancam untuk membuat materi grafik teoretis publik dan riwayat penjelajahan yang bersifat seksual. Contoh berikut menunjukkan bagaimana penjahat menjelaskan bagaimana mereka memperoleh informasi, materi apa yang akan mereka publikasikan jika mereka tidak segera dibayar dalam bitcoin dan instruksi khusus tentang bagaimana melakukannya. Penting untuk ditekankan bahwa kecuali alamat email penerima, tidak ada yang nyata dalam pesan-pesan ini.

Cara Menghindari Spam dan Phising

Meskipun sulit untuk mencegah orang mengirimkan email jenis ini, ada langkah- langkah tertentu untuk mengurangi jumlah ‘spam’ :

  • Berikan alamat email, informasi kontak, atau data pribadi Anda hanya jika benar-benar diperlukan dan di halaman yang sah.

  • Jangan mengisi formulir untuk informasi kontak atau survei untuk berpartisipasi dalam kontes pengiklan tanpa memastikan bahwa itu sah.

  • Periksa kondisi privasi perusahaan dan platform tempat informasi dibagikan.

  • Anda juga bisa menggunakan fitur spam filters pada akun email anda.

  • Jangan publikasikan data sensitif di forum pribadi atau profesional.

  • Jangan membuka pesan di folder ‘spam’ tanpa memverifikasi pengirimnya.

  • Untuk berhenti menerima ‘spam’ Anda harus menghubungi perusahaan terkait untuk meminta ini. Pada beberapa kesempatan mereka menjelaskan bagaimana melakukannya dengan cetakan kecil di akhir pesan.

 

Jika anda sudah menggunakan beberapa langkah di atas untuk menghentikan email spam yang terus menerjang. Anda akan bernapas lega jika anda sudah berhasil mengatasi permasalahan email spam pada akun email anda.