Kenali Mana yang Paling Nyaman, Begini 5 Tips Memilih Bahan Kain Pakaian

Kain yang digunakan untuk kebutuhan bahan pakaian memiliki karakter masing-masing. Misalnya, ketika akan memilih bahan kain untuk dress atau terusan, kamu perlu memilih yang dingin dan berbahan jatuh pada gaya tertentu. Sedagkan untuk memilih kain celana, perlu berbahan menyerap keringat, jadi musim hujan, perlu memilih bahan yang mudah kering.

 

Kenyamanannya juga akan dinilai berbeda untuk setiap orang. Sehingga, kamu harus memilih dan mengidentifikasi mana kain yang paling nyaman untuk potongan pakaian tertentu atau membangun ornamen tertentu untuk pernampilan yang sempurna. Supaya tidak salah pilih, berikut adalah tips yang bisa dijadikan panduan ketika kamu memilih kain bahan pakaian.

 

Serat kain nyaman

 

Kelembutan serat kain akan membuat kamu nyaman ketika menggunakannya. Semakin kasar terasa di kulit, kenyamanan memakainya semakin dipertanyakan, ternyata hal ini didasarkan pada kemampuan kulit bernapas dan kektebalan permukaan kain. Nah, jenis kain yang paling nyaman seratnya antara kain katun, linen, sutra, flannel, jersey, rayon.

 

Breathability

 

Kemampuan kain bahan pakaian untuk menyera udara dan keleluasaan pertukaran udara sangat penting untuk diketahui. Melalui kemampuan menyerap udaha atau dikenal dengan breathabilitu, nyaman atau tidaknya pakaian bisa dinilai dari bahan tersebut. Jenis kain yang memiliki breathability, kenyamanan dari jenis pakaian dinilai dari sini. Jenis kain yang ini baik antara lain linen, wool, dan rayon.

 

Sesuaikan fungsinya

 

Jenis kain tertentu pas untuk bahan pakaian musim dingin hal itu dikarenakan kainnya memiliki fungsi menghangatkan. Sebaliknya, ketika musim kemarau pilih kain yang tipis dan menyerap keringat seperti katun, linen, sutra, dan chiffon. Untuk kain yang hangat, pilih jenis kain polyester, nylon, satin, velvet, dan flannel.

 

Ketahanan terhadap kerutan

 

Cara menyimpan kain yang mudah berkerut atau mudah lecek, adalah dengan cara digantung. Jika disimpan dan dilipat di dalam lemari pakaian, perlu menyetrikanya terlebih dahulu supaya terlihat rapi. Jenis kain yang tidak mudah berkerut adalah flannel, jersey, wool, denim, chiffon, dan nylon.

 

Cara mencuci

 

Tentu saja jenis kain sutra akan mudah rusak seratnya jika dicuci dengan mesin cuci. Artinya, selain kamu memilih kain bahan pakaian dengan ukuran kenyamanan, fungsi, daya serao, ketahu cara tepat untuk mencucinya,

 

Disamping jenis kain sutra, kain yang akan rusak seratnya jika dicuci dengan mesin cuci antara lain velvet, chiffon, satin, dan kulit entah itu kulit sintetis arau alami. Jenis lainnya bisa dicuci dengan mesin cuci.

 

Itu dia beberapa jenis kain yang bisa dipilih sebagai bahan pakaian dan tips untuk memilihnya. Jika kamu ingin membuat kaos yang berkualitas, kamu bisa langsung menghubungi admin Konveksi Bandung Tukang Kaos Bandung.