Jokowi: G20 Forum Ekonomi, Jangan Ditarik-tarik ke Politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa G20 merupakan forum ekonomi dan pembangunan. Karena itu, Presiden Jokowi meminta agar G20 tidak terseret ke ranah politik. “Saya ingin menambahkan bahwa G20 adalah forum ekonomi, forum keuangan, dan forum pembangunan. Bukan forum politik,” kata Jokowi saat konferensi pers tentang hasil KTT G20 di Bahrain International Convention Center , Nusa Dua, Bali, Rabu (11). / 16/2022). “Jadi jangan terseret ke politik,” katanya lagi.

Demikian pernyataan penutup Jokowi pada konferensi pers, Rabu. Jokowi mengatakan dalam keterangannya bahwa kepemimpinan Indonesia berhasil mengeluarkan Leaders’ Declaration atau Deklarasi Pemimpin Bali G20 yang awalnya dipertanyakan banyak pihak. Deklarasi tersebut terdiri dari 52 paragraf dan ada satu paragraf yang diperdebatkan dengan hangat, pertanyaan tentang sikap terhadap perang di Ukraina. Jokowi menjelaskan pembahasan masalah ini sangat sulit. “Akhirnya para pemimpin G20 menyepakati isi deklarasi tersebut yaitu mengecam perang di Ukraina karena melanggar batas wilayah dan keutuhan wilayah,” kata Jokowi. “Perang ini telah menyebabkan rakyat menderita dan memperparah ekonomi global yang masih rapuh akibat pandemi yang berisiko krisis pangan, krisis energi dan potensi krisis keuangan,” ucapnya lagi.

Pernyataan Jokowi Terkait G20

Karena itu, kata Jokowi, G20 membahas dampak perang terhadap kondisi ekonomi global. Dengan demikian, beberapa hasil nyata telah dicapai. Antara lain pembentukan Epidemic Fund yang sejauh ini telah mengumpulkan 1,5 miliar dolar AS.

Selanjutnya, Dana Ketahanan dan Keberlanjutan IMF sebesar $81,6 miliar dibentuk dan dioperasikan untuk membantu negara-negara yang mengalami krisis. Selanjutnya, mekanisme transisi energi juga dibentuk, khususnya bagi Indonesia untuk mendapatkan komitmen dari Program Transisi Energi Adil senilai US$20 miliar. “Komitmen bersama minimal 30 persen daratan dunia dan 30 persen lautan dunia akan dilindungi pada 2030. Ini sangat baik dan melanjutkan komitmen pengurangan degradasi lahan hingga 50 persen pada 2040 secara sukarela,” kata Jokowi. “Saya kira ini adalah hasil yang nyata. Padahal sudah banyak hasil lainnya,” ucapnya lagi.

referensi : https://nasional.kompas.com/read/2022/11/16/20183841/jokowi-g20-forum-ekonomi-jangan-ditarik-tarik-ke-politik

editor : andre