Isi Seserahan Pernikahan Sederhana yang Harus Ada Saat Menikah

Isi Seserahan Pernikahan Sederhana –¬†Seserahan pernikahan dikasih oleh pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Seserahan ialah simbol bahwa calon suami siap bertanggung jawab untuk memenuhi segala keperluan rumah tangganya dan pertanda keseriusan seorang lelaki terhadap calon pengantinnya. Kecuali itu, ada juga yang menyebut seserahan sebagai tali pengikat relasi silaturahmi antara kedua pihak keluarga.

Seserahan Pernikahan dalam Islam

Walaupun bagian dari tradisi masyarakat, bagaimana hukum seserahan pernikahan dalam Islam?

Seserahan sendiri berbeda dengan mahar. Seserahan cuma simbol untuk tanggung jawab sang pria kepada wanita. Sedangkan mahar yaitu persyaratan legal pernikahan dalam Islam.

Terdapat hukum khusus dan tipe seserahan pernikahan dalam Islam. Ada baiknya sebagai umat Muslim, Anda mencontoh apa yang diajarkan oleh agamanya. Segera apa saja yang perlu diperhatikan perihal seserahan ini?

Ternyata, seserahan pernikahan dalam Islam regulasinya tak wajib, tetapi boleh-boleh saja diberi. Namun, tidak persoalan juga seandainya tak memberikannya.

Selanjutnya, hal berikut niat utamanya semata-mata untuk menyenangkan dan menampilkan keseriusan. Seserahan boleh diberikan bila barangnya bersifat menyenangkan pasangan, bukan untuk pamer.

Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seserahan awam disebut dengan peningset dalam pernikahan adat Jawa. Maknanya yakni pengikat yang menunjukkan bahwa kedua belah pihak sudah sepakat untuk melanjutkan hubungan ke level yang lebih serius.

Pada dasarnya, peningset dan seserahan betul-betul berbeda. Akan tetapi, sekarang ini perbedaan tersebut tak begitu nampak. Sehingga banyak yang menyangka peningset sama dengan seserahan dan sebaliknya. Banyaknya persamaan barang yang dibawa saat seserahan maupun peningset membuat kedua istilah hal yang demikian diartikan sama.

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Mungkin masih banyak di antara kita, termasuk Mom, belum tahu mengenai perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan. Di bawah yaitu review lengkapnya.

Untuk barang seserahan lamaran umumnya berupa makanan tradisional, kudapan manis, dan buah-buahan. Padahal, untuk seserahan pernikahan barangnya lebih spesifik untuk calon istri yaitu berupa peralatan kosmetik, alat mandi, pakaian dalam, alat sholat, dan sebagainya.

Tapi, seserahan pernikahan juga bisa berupa makanan dan buah-buahan melainkan jumlahnya lebih sedikit dibanding ketika seserahan lamaran.

Macam – Macam Isi Seserahan Pernikahan Sederhana

Sejatinya, seserahan diibaratkan calon mempelai pria yang menyediakan semua kebutuhan calon mempelai wanita dikala mereka sudah tinggal satu rumah kelak. Sebaiknya barang yang disertakan dalam seserahan adalah barang yang memang akan digunakan nantinya.

Isi Seserahan Pernikahan Sederhana

Jumlahnya bahkan pelbagai dan tak memiliki ketetapan, tapi bila mencontoh kebudayaan Jawa, seserahan akan berjumlah ganjil seperti 5, 7, 9 dan seterusnya. Namun barang-barang yang kerap kali dibuat isi seserahan pernikahan ialah sebagai berikut.

1. Seperangkat alat shalat

Seserahan ini menjadi seserahan seharusnya bagi umat Islam. Alat shalat ini sebagai simbol bahwa pernikahan antara kedua mempelai wajib senantiasa berpegang teguh pada agama. Isi seserahan ini antara lain, mukena, sajadah, Al Quran, dan tasbih.

2. Perhiasan

Perhiasan bermakna agar calon mempelai wanita senantiasa bersinar dan bersinar. Perhiasan ini sendiri dapat berupa cincin, kalung, gelang, atau anting. Jumlah yang diberikan juga harus sesuai dengan kecakapan calon suami.

3. Setelan baju

Ada banyak tipe tipe setelan yang dapat dikasih oleh calon mempelai pria terhadap perempuan. Keinginan pakaian kerja, baju sehari-hari, baju tidur, bahkan pakaian dalam.

Tapi, untuk pernikahan adat Jawa biasanya berupa pakaian kebaya dan kain jarik motif batik. Kecuali yakni supaya rahasia rumah tangga pasangan bisa disimpan dengan bagus.

4. Kelengkapan kosmetika

Seserahan yang satu ini pasti benar-benar disukai oleh calon mempelai wanita, sependapat tak Mom? Selain itu, benda ini juga menyimpan doa yang bagus tentunya. paket seserahan pernikahan blitar

Peralatan makeup dimaksudkan supaya perempuan menjaga penampilannya dan senantiasa tampil menawan di depan pasangannya. Isi dari kosmetik ini dapat berupa, foundation, pensil alis, mascara, blush on, lipstik dan lain-lain.

5. Daun sirih

Daun ini memang tak termasuk dalam kebutuhan dasar perempuan, namun daun sirih mempunyai makna keselamatan dan kebahagiaan bagi pasangan di kehidupan yang akan dijalani akan datang.

6. Peralatan mandi

Mandi merupakan keperluan sehari-hari manusia. Jadi, ada baiknya bila memasukkan peralatan mandi dalam seserahan pernikahan. Produk mandi yang hendak dikasih wajib sesuaikan dengan yang lazim dipakai mempelai wanita. Lazimnya mandi ini bisa berupa sabun, shampoo, conditioner, shower puff, dan handuk.

7. Bed Cover

Satu set sprei atau bed cover kerap kali dihasilkan seserahan pernikahan. Tas seserahan ini dihias dan dibentuk begitu unik, seperti burung, bunga, dan sebagainya.

8. Tas

Tas ialah barang yang dapat dibilang identik dengan perempuan. Ransel biasanya menjadi salah satu barang yang harus dimiliki sebab berfungsi untuk membawa barang-barang saat bepergian dari rumah. Tas yang layak dijadikan seserahan umumnya ransel kerja atau ransel pesta. paket seserahan pernikahan

9. Sepatu

Hampir sama dengan ransel, sepatu juga salah satu barang krusial untuk perempuan. Sepatu yang dibuat seserahan umumnya sepatu yang ber hak. perempuan punya kriteria sendiri untuk model apa yang ia sukai dan berapa centimeter hak yang akan nyaman diaplikasikan.

tidak salah beli, calon suami dapat segera memboyong sang calon istri ke toko sepatu untuk memilih sepatu yang diharapkan.