Hindari Hal Ini Agar Asuransi Mobil Di Indonesia Dapat Disetujui

Setiap orang yang memiliki asuransi mobil di Indonesia tentunya pada suatu saat akan mengajukan klaim asuransi tersebut. Pengajuan klaim tentunya memiliki beberapa syarat yang telah disepakati bersama. Persyaratan yang diajukan juga berbeda-beda tergantung dari kesepakatan bersama antara pemilik asuransi dengan pihak dari asuransi.

Apabila terdapat beberapa hal yang bisa melanggar persyaratan tersebut. Maka bisa jadi tidak bisa melakukan klaim asuransi. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui apa saja hal yang tidak disetujui oleh pihak asuransi saat mengajukan klaim. Dengan begitu anda bisa menghindarinya.

1. Mobil Yang Hilang Akibat Penipuan

Mobil yang mengalami kehilangan bisa dilakukan klaim oleh pihak asuransi mobil di Indonesia. Namun hal tersebut tidak berlaku apabila mobil yang hilang dikarenakan penipua ataupun hilang akibat di hipnotis. Hal ini memang tidak diperbolehkan untuk mengajukan klaim. Karena semua kesalahan kehilangan mobil sudah menjadi tanggung jawab pemiliknya.

Sehingga apabila mobil tersebut telah hilang akibat dihipnotis. Maka hal tersebut akibat kelalaian dari pemilik mobil. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan anda memarkir mobil tidak sembarangan. Juga tetap mengunci mobil apabila mobil tidak sedang digunakan. Dengan begitu maka mobil anda tidak akan terkena aksi kejahatan.

2. Kerusakan Yang Disengaja

Agar pengajuan asuransi mobil di Indonesia bisa disetujui. Maka kerusakan yang terjadi tidak boleh dilakukan karena disengaja. Karena kerusakan yang disengaja bukan tanggung jawab dari pihak asuransi. Untuk itu pastikan anda telah memenuhi syarat bahwa kecelakaan bukan karena kecerobohan anda sendiri

Dengan begitu maka pihak asuransi akan menyetujui klaim anda. Untuk mengajukan klaim sudah seharusnya anda memberikan bukti berupa foto. Karena apabila tidak ada bukti maka pengajuan klaim tidak bisa diproses. Sebelum itu pastikan juga anda telah membaca isi polis, dan mengetahui bahwa kerusakan mobil anda telah memenuhi syarat untuk pengajuan klaim.

3. Memberikan Informasi Palsu

Apabila anda akan mengajukan klaim asuransi, maka jangan sekali-kali anda memberikan informasi yang palsu. Karena pihak asuransi akan meninjaunya secara langsung, apalagi jika klaim yang diajukan bernilai tinggi. Apabila saat perusahaan asuransi melakukan peninjauan secara langsung dan menemukan bukti bahwa informasi yang diberikan salah.

Maka sudah bisa dipastikan klaim yang anda ajukan akan ditolak. Hal ini juga pasti bisa merusak reputasi anda sendiri. Untuk itu pastikan anda memberikan informasi yang sebenarnya. Sehingga pengajuan klaim bisa diproses dengan cepat.

4.Telat Melapor Saat Mengajukan Klaim

Saat anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada mobil anda. Maka sudah seharusnya anda segera melaporkannya pada pihak asuransi. Hal ini perlu dilakukan saat anda akan mengajukan klaim asuransi tersebut. Namun jika anda melaporkan klaim tersebut terlambat, maka pengajuan klaim tidak akan diproses.

Biasanya batas maksimal untuk melaporkan pengajuan klaim setidaknya 5 hari dari setelah kejadian tersebut. Hal ini dilakukan karena banyak orang yang memiliki sedikit kerusakan dan dibiarkan hingga kerusakan tersebut parah. Apabila sudah begitu baru dilaporkan kepada pihak asuransi. Tentu saja hal ini tidak diperbolehkan. Sehingga anda tidak bisa mengajukan klaim.

Itulah beberapa hal yang perlu anda hindari agar asuransi mobil di Indonesia pengajuan klaim bisa disetujui. Jika anda telah melakukan salah satu kesalahan di atas, maka bisa saja pengajuan anda tidak akan diproses dan sudah pasti akan ditolak oleh pihak asuransi.

Memilih asuransi mobil sama pentingnya dengan membeli asuransi kesehatan. Karena keduanya punya fungsi masing-masing untuk perlindungan kendaraan dan juga kesehatan si pemilik polis. Bagian yang sedang mencari tempat paling aman untuk pembelian asuransi maka bisa memilih Lifepal. Di Lifepal untuk pembelian asuransi akan mendapatkan cashback sebanyak 25%.