Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Layanan Penyimpanan Cloud

Penyedia penyimpanan cloud dalam bisnis modern selalu hadir seperti cloud! Mari daftar beberapa: iCloud, OneNote, Google Drive, Dropbox. Mereka telah menjadi bagian penting dari kehidupan profesional dan pribadi kita, sangat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan. 

Kita telah melihat beberapa penyedia penyimpanan cloud paling populer di atas, tetapi masih banyak lagi di luar sana, masing-masing dengan sisi positif dan negatifnya sendiri. Penyedia yang Anda putuskan untuk mempercayakan data Anda harus diteliti dengan baik. Untuk membantu Anda, kami telah menyusun beberapa panduan yang akan memengaruhi keputusan Anda dalam memilih penyedia penyimpanan cloud. 

Pertimbangan Sebelum Memilih Layanan Penyimpanan Cloud

Memilih layanan penyimpanan cloud terkadang bisa jadi tricky untuk kita lalui. Ada beberapa opsi yang terkadang ada di layanan satu, tetapi tidak ada di layanan lainnya. Beberapa poin juga bisa jadi akan memberikan opsi terbaik satu sama lain.

#1: Paket Penyimpanan Data 

Sebagian besar penyedia layanan akan menyediakan sejumlah data gratis tertentu. Google Drive menawarkan pengguna gratis 15GB, sementara iCloud menawarkan pengguna gratis 5GB—jumlah ini biasanya cukup untuk penggunaan normal. Namun, bisnis membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan dan dengan itu muncul kebutuhan untuk mempertimbangkan rencana penyimpanan, menimbang antara berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda butuhkan dan efisiensi biaya. 

Berapa banyak data yang dibutuhkan bisnis sangat bervariasi tergantung pada jenis file yang perlu disimpan oleh bisnis. Usaha kecil yang sebagian besar menyimpan file teks biasanya akan baik-baik saja dengan paket yang lebih kecil, sekitar 100GB, sementara videografer independen mungkin membutuhkan ruang 1TB atau lebih, sayangnya, hal ini menaikkan harga secara signifikan; benar-benar tidak ada jalan lain, rencana penyimpanan yang mahal mungkin saja menjadi kenyataan perdagangan Anda. 

Jika anda telah melihat tutorial export/import data di WordPress mungkin anda akan memahami beberapa hal yang memang memiliki perbedaan dan persamaan masing-masing. Beberapa penyedia penyimpanan akan menampilkan sejumlah paket yang disesuaikan lebih baik untuk bisnis kecil, sementara yang lain akan memperjelas bahwa mereka hanya benar-benar tertarik pada bisnis yang lebih besar—dengan cepat beralih dari paket 100 GB ke 10 TB ke atas. 

#2: Waktu aktif 

Hampir tidak ada penyedia yang tidak memiliki waktu henti dalam riwayatnya, itu memang terjadi. Pastikan untuk meneliti pilihan Anda untuk melihat apakah mereka sering mengalami masalah akses, dan hindari yang memiliki rekam jejak buruk jika Anda perlu mengakses data Anda segera setiap hari. 

Setiap penyedia penyimpanan cloud terkemuka akan memiliki banyak lapisan redundansi, dan akan sangat jarang kehilangan data pelanggan. Meski begitu, penting untuk tidak menyimpan data Anda hanya di satu tempat. Jika semuanya harus cloud, mungkin ada opsi untuk memilih 2 penyedia dan menyimpan salinan keduanya. Untuk data mission-critical, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan cloud. Seseorang harus menyimpan salinan secara lokal pada perangkat keras yang andal, dan setidaknya satu salinan tidak secara lokal.

#3: Kecepatan Unduhan 

Inti dari penyimpanan cloud adalah efisiensi: saat Anda membutuhkannya, benda itu akan jatuh begitu saja ke tangan Anda. Tapi, jika Anda harus duduk dan menunggu di taman sambil mengapung, sebagian besar kenyamanannya hilang. Ini bukan hanya pengambilan file secara umum; kecepatan unduh menjadi sangat penting ketika server cadangan Anda tetap offline dan Anda perlu memulihkan sistem dengan cepat. Dengan kata lain, penyedia penyimpanan Anda hanya sebaik kecepatan unduhannya! Setelah meneliti berbagai kecepatan penyedia penyimpanan, tampaknya Dropbox sering menempati posisi nomor 1, sementara Google Drive berada di urutan ke-3. Kecepatan adalah kuncinya, tetapi Anda perlu mempertimbangkannya dengan opsi lain, Dropbox mungkin cepat, tetapi mungkin tidak memiliki paket harga terbaik untuk bisnis Anda.

Bahkan dalam kasus menggunakan penyedia cloud sebagai solusi pencadangan di luar lokasi, Anda perlu mempertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya merobek seluruh kumpulan data Anda kembali ke mesin lokal dalam skenario bencana. Hal ini sama seperti ketika anda memilih hosting Plesk untuk menghosting website anda. Anda akan menemukan beberapa hal yang bisa dijadikan alasan untuk memilih hosting tersebut dan salah satunya adalah kecepatan hosting yang tidak kalah dengan hosting lainnya.

#4: Keamanan 

Seperti disebutkan di atas, server cloud terus-menerus diserang oleh peretas dan mati. Setiap penyedia penyimpanan cloud akan memiliki keamanan, yang akan terus diperbarui. Yang benar-benar ingin Anda lihat adalah protokol mereka tentang pelanggaran data. Seberapa baik mereka melindungi data Anda dan seberapa baik mereka menjamin anonimitas Anda? Selain deteksi intrusi, penyedia harus memiliki firewall tingkat lanjut, firewall internal, log peristiwa, dan kunci enkripsi. Keamanan harus selalu menjadi prioritas utama untuk server cloud dan penting bagi Anda untuk mengonfirmasi hal ini selama konsultasi. 

#5: Menekankan Enkripsi File 

Enkripsi file adalah salah satu bagian terpenting dari keamanan. Enkripsi adalah hal yang menjaga keamanan data Anda, meskipun peretas memiliki akses ke data Anda di cloud, mereka memerlukan kunci enkripsi Anda untuk mengaksesnya. Intinya, itulah yang membuat Anda rileks dan membantu Anda fokus pada hal yang penting, bisnis Anda! 

Enkripsi Cloud Hosting menghadirkan beberapa tantangan, tetapi munculnya enkripsi homomorfik telah benar-benar mengubah permainan—enkripsi homomorfik memungkinkan Anda melakukan komputasi pada teks sandi seolah-olah itu adalah teks biasa, yang berarti server cloud tidak pernah benar-benar berinteraksi dengan data yang tidak terenkripsi sementara memungkinkan Anda untuk melakukan operasi pada data saat berada di pihak penyedia. Hanya perangkat dengan kunci enkripsi yang disimpan secara lokal yang dapat mengaksesnya, dan server cloud tidak pernah benar-benar berinteraksi dengan kunci tersebut. Ini secara signifikan mengurangi luas permukaan Anda dalam hal serangan.

Kesimpulan

Untuk dapat memilih layanan penyimpanan cloud, anda mungkin akan memerlukan beberapa pertimbangan dari beberapa poin yang sudah kita bahas. Setidaknya, beberapa poin di atas adalah poin yang krusial untuk dapat anda telisik lebih lanjut antara layanan mana yang ingin anda gunakan dan layanan mana yang bisa memenuhi kebutuhan anda.