Hadi Tjahjanto Bakal Kejar 130 Tower dan Rusun di DKI yang Belum Bersertifikat

Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjijanto mengungkapkan akan terus menyelesaikan 130 tower apartemen (apartemen) di DKI Jakarta yang belum disetujui. Hal itu disampaikan mantan Panglima TNI saat temu media di Jakarta, Selasa (15/11/2022). “Tidak lebih dari 130 horoskop yang disetujui, dan saya sedang menindaklanjutinya, dan akan saya selesaikan nanti,” kata Hadi di acara tersebut. Ia mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta agar semua rumah susun dan apartemen disetujui. Menurut Hadi, ini baru masalah penataan ruang di atas, belum lagi ditambah masalah dasar.

“Dan kalau dihitung dengan benar, itu uang. Jadi, sebenarnya BPN adalah pintu masuk perekonomian Indonesia,” klaimnya.

Kementerian ATR/BPN saat ini menargetkan hingga 100 juta bidang tanah dapat didaftarkan dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Penuh (PTSL) tahun ini. Artinya, masih ada kekurangan 26 juta bidang tanah yang akan didaftarkan pada tahun 2025. “Kami telah menyelesaikan 80 juta (lebih) sertifikat dan sekitar 100 juta peta bidang tanah,” kata Hadi.

Untuk menangani sisa 26 juta bidang tanah, Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan roadmap untuk tiga tahun ke depan. Pada 2023 dan 2024, masing-masing akan selesai 11 juta bidang tanah, dan 3,5 juta bidang tanah pada 2025. “Makanya, kami berharap seluruh wilayah di Indonesia sudah terdaftar. Padahal, setelah pendaftaran kami sangat ingin kantornya digitalisasi,” Hadi menambahkan, hal ini menurutnya untuk menghindari tumpang tindih masalah sertifikat di kemudian hari.

referensi : https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/17/070000221/hadi-tjahjanto-bakal-kejar-130-tower-dan-rusun-di-dki-yang-belum

editor : andre