Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Pasti Anda pernah mendengar istilah cache bukan? Cache bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan sementara data sehingga nantinya proses permintaan data selanjutnya akan lebih cepat tertampil. Namun, tempat penyimpanan ini dapat mengalami overload alias kepenuhan.

Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah laptop menjadi lebih lemot hingga mengalami hang/freeze. Untuk itu perlu melakukan pembersihan cache secara berkala seperti sebulan satu kali.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara menghapus cache di laptop. Temukan jawabannya hanya di drimtekno portal informasi teknologi terlengkap sejak 2014.

Apa itu Cache

Cache adalah proses menyimpan data sementara sehingga nantinya situs,web, blog, atau aplikasi tidak perlu mengunduh data yang diminta secara berulang-ulang. Keadaan ini bisa dianalogikan seperti Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat baru, otak Anda akan menyimpan beberapa informasi sebagai petunjuk pada perjalanan tersebut. Di waktu lain nantinya Anda yang ingin pergi kembali ke tempat tersebut, informasi-informasi yang sudah dimiliki akan membantu Anda untuk menuju tempat yang diinginkan dengan lebih cepat.

Cache sebagai informasi pastinya tidak hanya menyimpan satu informasi saja melainkan ada banyak informasi yang disimpannya. Cache sebagai tempat penyimpanan pastinya akan mengalami kepenuhan di waktu mendatang. Anda sebagai pemilik laptop sangat harus melakukan penghapusan agar kinerja laptop bisa kembali berjalan secara efektif.

Cara Menghapus Cache di Laptop

Seperti halnya tempat penyimpanan pada umumnya, cache memerlukan tindakan pembersihan untuk menghapus data-data yang tersimpan didalamnya. Berikut ini cara menghapus cache di beberapa perangkat tetapi sebelum menghapus Anda perlu memeriksa history pencarian agar tidak ikut terhapus.

1. Folder Temp

Folder Temp merupakan folder yang menyimpan ribuan cache di laptop. File-file seperti history, cookies, dan data lainnya tersimpan di folder tersebut. Berikut cara menghapus cache di laptop menggunakan folder temp.

  1. Buka Program Run (Win+R)
  2. Ketik kata ‘Temp’
  3. Klik OK
  4. Setelah muncul Anda perlu klik Ctrl+A lalu Delete semua file tersebut
  5. Buka kembali Program Run (Win+R)
  6. Ketik kata ‘%temp%
  7. Klik OK
  8. Setelah muncul Anda perlu klik Ctrl+A lalu Delete semua file tersebut
  9. Restart laptop Anda

2. Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah salah satu fitur pada Windows yang berguna untuk menghapus semua file sampah yang berada di drive tertentu. Setelah melakukan pembersihan menggunakan Folder Temp Anda harus melakukan Disk Cleanup ini. Berikut cara menghapus cache di laptop menggunakan Disk Cleanup.

  1. Klik kanan pada Drive laptop (Local C) lalu pilih properties
  2. Klik Disk Cleanup
  3. Kemudian centang file yang ingin dibersihkan, jangan lupa memilih file Recycle Bin
  4. Klik OK
  5. Restart laptop Anda
  6. Lakukan langkah diatas kembali pada Drive lainnya (Local D,F, dst)

3. CCleaner

Aplikasi CCleaner menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan untuk memastikan kinerja perangkat berjalan secara optimal. Aplikasi ini akan membersihkan beberapa file seperti Registry, history browser, dan lain sebagainya. Berikut cara menghapus cache di laptop menggunakan CCleaner.

  1. Install aplikasi CCleaner jika belum memiliki
  2. Buka aplikasi CCleaner tersebut
  3. Pilih Menu Cleaner
  4. Centang file yang ingin dibersihkan lalu klik Run Cleaner
  5. Tunggu proses hingga selesai
  6. Restart laptop Anda

4. Google Chrome

Google chrome menjadi salah satu browser yang bisa digunakan untuk mencari informasi di dunia maya. Cache history pencarian akan tersimpan pada system laptop Anda. Untuk menghapus cache pada chrome Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Chrome
  2. Cari dan Klik icon titik tiga di bagian pojok kanan atas
  3. Klik More Tools
  4. Pilih Clearing Browsing Data
  5. Centang File seperti cookies dan plug-in situs
  6. Klik Clear Data

5. Mozilla Firefox

Seperti halnya Google Chrome mozilla firefox menjadi salah satu browser yang bisa digunakan untuk mencari informasi di dunia maya. Cache history pencarian akan tersimpan pada system laptop Anda. Untuk menghapus cache pada chrome Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Mozilla Firefox
  2. Klik opsi Menu
  3. Pilih History
  4. Pilih Hapus History Terbaru tentukan file yang perlu dibersihkan
  5. Klik Bersihkan Sekarang