Cara Mengelas Profesional

Membuka jasa las listrik atau wedding harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang tinggi sehingga diperlukan jam terbang yang panjang supaya bisa dipercaya oleh customer dan mampu memberikan jasa layanan las listrik terdekat yang profesional.

 
Las listrik adalah sebuah metode menggabungkan dua besi atau logam dengan cara melakukan pemanasan sehingga logam tersebut menjadi cair baik ditambahkan dengan besi pengisi maupun tidak yang menghasilkan sambungan antara dua besi yang solid.
 
Jasa las listrik banyak digunakan di berbagai bidang seperti untuk membuat pagar besi, membuat pagar tangga, kanopi, dan berbagai tempat seperti pembuatan jembatan besi, kendaraan, pipa dan lain-lain.
 
Metode atau teknik cara las listrik menjadi ilmu yang sangat berharga dan menjadi buruan bagi mereka yang ingin mendalami las listrik secara profesional untuk mencari uang.
 
Begitu pentingnya las listrik ini membuat banyak tempat belajar untuk pengelasan secara khusus maupun secara reguler yang biasanya ada di sekolah menengah atas atau SMK.
 
Berikut ini kami sampaikan beberapa apa cara untuk menjadi tukang las listrik profesional dengan mempersiapkan hal-hal yang wajib diketahui di bawah ini.
 
Menyiapkan alat yaitu las listrik, Anda harus menyiapkan mesin las dengan arus AC DC, elektroda, tang elektroda, dan kabel las.
 
Menyiapkan alat safety.
Untuk menjadi ketukan kelas profesional maka alat safety pun harus anda siapkan yang meliputi topeng las, masker las, pelindung dada, sarung tangan wedding khusus, sepatu bot.
 
Menyiapkan alat bantu.
Alat bantu juga sangat penting untuk membuka jasa las listrik terdekat profesional yang meliputi tang, sikat baja, palu untuk ketok kerak, meja gerinda atau ragum dan meja kelas.
 
Teknik mengelas profesional.
Hilangkan kotoran yang menempel pada bidang las dengan menggunakan sikat sehingga lokasi yang akan dilas menjadi bersih yang akan membuat hasil kelas menjadi lebih rapat dan kuat.
 
Tempatkan media yang akan dilas yaitu besi di lokasi senyaman mungkin kalau perlu gunakan penjepit supaya stabil dan tidak goyang.
Kemudian tempatkan mesin las dengan posisi yang aman dari benturan lalu kemudian jepit elektroda dengan penjepit las. atur kemiringan elektroda di sejajarkan dengan bidang kerja atau bidang las titik biasanya kemiringan elektroda sangat bervariasi antara 30 derajat hingga 90 derajat sesuai dengan keahlian dan kebiasaan jasa tukang las listrik.
 
Lakukan pengelasan sesuai teknik standar yang sudah dipelajari.
Atur kerapatan antara ujung elektroda dengan area objek yang di kelas karena mengatur kerapatan yang tepat akan membuat hasil las menjadi lebih kuat dan tidak keropos.
 
Perhatikan bahwa kerapatan yang terlalu renggang menyebabkan percikkan api dan hasil las yang rapuh titik terlalu dekat juga membuat elektrode tidak akan bisa menyala sehingga Anda membutuhkan jarak yang tepat dan ini akan terbiasa sesuai dengan jam terbang.
 
Gunakan alat safety seperti masker dan pelindung mata menggunakan kacamata las khusus lalu Anda bisa mengatur proses las listrik secara profesional.
 
Untuk mendapatkan kan kan hasil pengelasan yang bagus maka penampakan hasil las tersebut biasanya berbentuk gelombang yang rapat dan stabil teratur alurnya dan menutup secara sempurna antara penghasilan dan bidang yang di alas.
 
setelah finish proses pengelasan maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan ketok terhadap bidang yang dilas untuk membasmi kerak-kerak bekas las yang menempel dan ini juga menjadi patokan untuk mengetes apabila dilakukan ketok tersebut keras dan yang mengelupas hanya kerak bagian luar maka dipastikan prosesnya sudah benar dan hasilnya juga kuat.
 
Yang terakhir bila diperlukan lakukan proses penghalusan dengan menggunakan gerinda untuk hasil yang halus dan finishing sebelum dilakukan proses pengecatan.