Berbagai Macam Doa Minta Kesembuhan dan Artinya

Doa untuk Kesembuhan Orangtua yang Sakit dan Tata Caranya

Setiap makhluk yang ada di alam semesta ini pasti akan mengalami sakit. Begitu pun dengan manusia yang tak akan luput dari sakit. Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa macam doa meminta kesembuhan beserta artinya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

  1. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (QS Al Anbiyaa ayat 83).

  1. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan Untuk Orang Lain

Bismillah, bismillah, bismillah. U’idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal ‘adhima rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka

Artinya : “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu.”

  1. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan dan Ampunan

Ketika Rasulullah SAW menjenguk salah seorang sahabatnya yang bernama Sa’ad bin Abi Waqqasah, beliau menyebut nama Sa’ad seraya melafalkan doa kepada Allah SWT agar diberi kesembuhan dan ampunan dari-Nya. Adapun mengenai bunyi doanya seperti berikut:

Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan

Artinya : “Ya Allah sembuhkan Sa’ad, Ya Allah sembuhkan Sa’ad, Ya Allah sembuhkan Sa’ad.

Dalam hal ini, kita hanya perlu mengganti nama Sa’ad dengan nama orang yang tengah sakit. Misalkan saja orang sakit yang sedang kamu jenguk itu bernama Heri, maka bunyi doanya adalah Allahummasyfi Heri, Allahummasyfi Heri, Allahummasyfi Heri.

Selain doa tersebut, ada pula doa versi lainnya ketika menjenguk orang sakit agar diberi kesembuhan dan ampunan dari Allah SWT seperti dibawah ini:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara szanbaka, wa‘ afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika

Artinya : “Wahai (sebutkan nama orangnya yang sedang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.“

Bacalah Surat Al Fatihah

Masih banyak dari kita yang belum tahu bahwa membaca surat Al Fatihah merupakan salah satu doa agar diberi kesembuhan. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Ad Darimi dari Abu Sa’id sebagai hadist marfu‘: Fatuhatul Kitab itu adalah as syifa (penyembuh) dari setiap racun. Al Fatihah sebaiknya dijadikan sebagai bacaan agar mendapatkan kesembuhan.

Bukan hanya itu, bahkan membaca surat Al Fatihah juga akan membuat kita merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Pasalnya, surat Al Fatihah itu sendiri menjadi “ash-shalah” atau syarat sah-nya shalat.

Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Ar rahmair rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alaihim wa lad dallin.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.“