Baja Ringan Semarang Rekomendasi Terbaik

Sedang melakukan renovasi atau membangun rumah dengan baja ringan semarang dan berminat untuk memakai atap baja ringan? Cek dulu harga baja ringan terbaru sebelum memilih!

Harga baja ringan untuk atap rumah memang lebih murah dan lebih terjangkau, sehingga banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat.

Banyak orang mulai beralih untuk menggunakan atap baja ringan daripada atap kayu sebagai kanopi maupun yang lain.

Namun, tentunya sebelum mulai membeli baja ringan kamu harus cari tahu dahulu berapa biaya yang harus kamu siapkan.

Oleh krena itu, kamu harus mengetahui merk baja ringan dan harganya.

Yuk, simak daftar biaya baja ringan per batang tahun 2022 beserta cara menghitung biaya pemasangannya di bawah ini!

 

Jenis Baja Panjang Harga Batang

BLUESCOPE – BS ZACS – KANAL C75 0,75TCT 6 meter Rp137.500

BLUESCOPE – BS ZACS – RENG R35 0,45TCT 6 meter Rp57.500

BLUESCOPE – BS ZACS – RENG R30 0,45TCT 6 meter Rp52.500

Baja ringan menjadi salah satu material konstruksi yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia saat membangun rumah. Biasanya, jenis baja ini dipakai untuk atap sebuah bangunan. Dibanding dengan atap jenis kayu, tentunya baja ringan lebih efektif dan kuat saat digunakan.

Sebelum membeli baja ringan, ada baiknya setiap orang memperhatikan jenis dan harganya. Sebab, saat ini banyak ditemukan berbagai jenis baja ringan dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pastikan untuk mencari tahu jenis baja ringan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baja ringan adalah material bahan bangunan yang terbuat dari coil (gulungan) baja tipis yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan pekerjaan konstruksi. Pada awalnya, baja ringan hanya digunakan untuk keperluan pembuatan atap, seperti kerangkanya. Seiring berjalannya waktu, baja ringan telah digunakan di hampir seluruh proses konstruksi.

Baja ringan terdiri dari bahan dasar bijih besi yang telah dibersihkan dari bahan pengotor seperti belerang, fosfor, dan telah dikurangi unsur karbonnya sebesar 2%.

1. Jenis baja ringan kaso atau trus

Pertama ada baja ringan kaso atau trus. Dalam konstruksi, baja ringan ini biasa dipakai untuk membuat kaki utama atau tiang utama bangunan. Baja kaso memiliki dua profil, yaitu jenis C dan W dengan ketebalan 0,8-1 mm. Perbedaan profil C dan W terletak pada ukuran, di mana profil W lebih besar daripada C. 

 

Jenis baja ringan kaso atau trus ini sangatlah fleksibel. Pemakaiannya dalam konstruksi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Proses pengerjaan rangka atap dengan kaso pun bisa lebih cepat selesai karena prosesnya tak rumit. Kaso atau trus ini mudah dibentuk dan dipasang menyesuaikan bentuk rangka yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

Baca juga: Cara pasang atap baja ringan yang mudah

 

2. Baja ringan reng atau profil B

Kedua, ada baja ringan reng atau yang sering disebut sebagai baja profil B. Baja reng adalah alternatif reng berbahan dasar bambu yang biasa dipakai untuk penahan genteng. Karena reng zaman dulu memakai bambu, maka proses pengolahan dan pemasangannya pun lebih lama. Reng harus direndam dulu dengan air agar tahan lama.

 

Demi mempersingkat proses konstruksi bangunan, dibuatlah versi reng berbahan dasar baja. Material ini selanjutnya disebut sebagai baja reng atau profil B. Dengan baja reng, proses pemasangan penahan genteng bisa lebih cepat dan singkat. Baja reng juga jauh lebih unggul dalam hal daya tahan dan kekuatannya. Bentuk baja reng yang menyerupai trapesium tipis ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih keren. 

 

3. Baja ringan taso

Ketiga, ada jenis baja ringan taso. Baja ringan taso adalah jenis baja ringan dengan bentuk bidang menyerupai huruf A dan tampak luarnya mirip dengan balok berukuran kecil.

 

Manfaat baja ringan taso adalah memperkuat konstruksi rangka atap bangunan sebelum genteng dipasang. Taso akan mengikat baja ringan profil B, lalu memperkuat dan mengikat kuda-kuda pada rangka demi menciptakan atap yang kokoh dan desain bangunan modern. Terakhir, taso akan memperkuat kondisi gording agar bisa meletakkan permukaan atap dengan baik.

 

Baca juga: Betulkah Baja Ringan Itu Tahan Karat?

 

4. Baja ringan Z

Keempat dan menjadi yang terakhir, ada jenis baja ringan Z. Bukan tanpa alasan jenis baja ini dinamakan Z karena bentuk pinggiran lapisannya mirip dengan huruf Z.

 

Baja ringan Z berguna sebagai profil utama dalam penyambungan, terutama pada struktur kuda-kuda di bagian rangka atap. Baja jenis ini memiliki titik berat tepat di bagian tengahnya sehingga membuatnya mudah menyeimbangkan dengan beban yang berada di kiri dan kanannya.