Apakah Obat Resep Benar-Benar Tersedia Secara Online

Iklan untuk apotek online kadangkala tampak terlalu bagus untuk benar-benar bisa menjadi kenyataan. Diskon obat resep, tidak ada persyaratan resep, dan kemudahan memesan dari rumah dimana semua layanan seperti ini terdengar fantastis. Namun begitu, Apakah ini semua legal? Apakah mungkin untuk beli obat resep dokter online via layanan suatu aplikasi di internet?

Mengapa lebih baik mendapatkan obat dari dokter atau toko obat dengan resep dokter?

Saat membuat keputusan kesehatan yang penting, banyak orang di Indonesia mengikuti rekomendasi dokter mereka. Hal ini tidak selalu bisa dilakukan. Bahkan jika dokter Anda menyarankan perawatan atau pengobatan tertentu, Anda mungkin tidak dapat membayarnya karena beberapa alasan. Ini berlaku terutama untuk obat resep yang sangat mahal harganya. Untungnya, ada pilihan lain yang berbeda. Misalnya, beberapa obat resep dijual bebas (non-resep) di Indonesia. Obat ini sering tersedia tanpa resep dari apotek online. Meskipun bisa muncul untuk menjadi solusi yang diinginkan, akan tetapi ada resikonya. Mendapatkan resep dari dokter Anda adalah satu solusi yang baik. Kebanyakannya, dokter Anda akan menyarankan versi obat non-resep dari obat yang sama yang dapat anda beli.

Hindari membeli obat resep dari vendor online yang tidak memerlukan resep

Ada peningkatan jumlah apotek online yang menawarkan obat-obatan resep tanpa resep dokter. Website-website ini mungkin tampaknya berguna, tetapi mungkin juga mereka bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda. Badan Pengawas Obat Dan Makanan mengamanatkan bahwa semua apotek di internet agar mengkonfirmasi identitas pelanggannya sebelum dapat mengisi resep. BPOM menyarankan untuk membawa obat-obatan Anda ke apotek terdekat daripada memesannya secara online jika Anda tidak dapat memberikan nama lengkap, Alamat, Tanggal Lahir, atau nomor Jaminan Sosial Anda. Apotek online diharuskan memiliki lisensi penulisan resep yang aktif di propinsi tempat mereka berada selain juga harus memvalidasi identitas Anda. Selain itu, sebelum menyelesaikan resep Anda, semua apotek online dapat meminta Anda untuk membuktikan kartu pembayaran yang valid. Beberapa situs web dapat mengizinkan Anda membayar dengan wesel atau cek kasir jika Anda tidak memiliki kartu kredit. Untuk jenis pembayaran seperti ini, toko obat online tertentu bahkan dapat meminta biaya tambahan. Jika Anda masih Tidak yakin tentang pembelian obat resep dari apotek online, Anda dapat meminta informasi dari BPOM langsung jika sebuah apotek berwenang untuk melakukan bisnis.