Apa Itu Shopee Paylater? Ini Kelebihan Dan Cara Mengaktifkannya

Isi Saldo Shopeepay di Sini
source gambar : shopee

Akhir – akhir ini fitur PayLater sedang naik daun. Seiring makin meningkatnya kepopuleran e-commerce pada konsumen Indonesia, layanan finansial yang menunjang transaksi online seperti PayLater memang makin marak bermunculan. Banyak orang menggunakan layanan tersebut untuk melakukan transaksi digital.

Pada dasarnya, paylater merupakan layanan untuk berutang atau menunda pembayaran yang pelunasannya wajib dilakukan dikemudian hari. Salah satunya yaitu Shopee PayLater, sebuah fitur yang menyediakan layanan pembelian secara cicilan bagi para pengguna platform Shopee,

Nah, untuk informasi lebih jelasnya, berikut dibawah ini akan dibahas apa itu Shopee Paylater atau SPayLater? Kelebihan dan cara aktifkan shopee paylater.

  1. Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee Paylater atau SPayLater merupakan salah satu pilihan pembayaran di e-commerce Shopee. Berbeda dengan ShopePay yang merupakan dompet digital, SPayLater ini memberikan pinjaman kepada pembeli di e-commerce Shopee untuk kemudian pinjaman tersebut dibayar sesuai dengan pilihan waktu cicilan, dengan tenor mulai dari 3 hingga 12 bulan.

Meski demikian, untuk bisa menggunakan layanan Shopee Paylater, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh akun pengguna Shopee, yaitu harus Terdaftar dan terverifikasi, akun sudah berusia minimal 3 bulan, sering digunakan untuk bertransaksi, dan harus sudah update ke aplikasi Shopee terbaru.

  1. Kelebihan Shopee Paylater

Dibandingkan dengan layanan beli sekarang bayar nanti lainnya, Shopee Paylater ini menawarkan banyak kelebihan antara lain :

  • Sebagai metode pembayaran yang praktis dan cepat.
  • Syarat dan proses pengajuannya mudah.
  • Bunga yang ditetapkan juga cukup rendah.
  • Pilihan pembayaran cicilan cukup beragam.
  1. Lantas Bagaimana Cara Aktifkan Shopee Paylater?

Berikut dibawah ini rincian cara mengaktifkan Shopee Paylater :

  1. Klik tab saya, kemudian pilih SPayLater.
  2. Lalu, klik Aktifkan Sekarang.
  3. Masukkan Kode Verifikasi (OTP) yang dikirimkan via SMS, lalu klik Lanjut. Ingat ! jangan beritahu kode verifikasi (OTP) kepada siapapun termasuk tim SPayLater demi keamanan SPayLater Anda.
  4. Selanjutnya unggah foto KTP. Gunakan kamera belakang untuk unggah foto KTP Anda. Posisikan KTP pada frame yang tersedia kemudian ambil foto. Setelah itu, masukkan Nama dan NIK lalu klik informasi. Perlu diketahui, Anda hanya bisa menggunakan 1 KTP yang terdaftar pada akun Shopee untuk aktivasi SPayLater.
  5. Masukkan informasi tambahan, kemudian klik Informasi.
  6. Selanjutnya lakukan verifikasi wajah
  • Pertama – tama, klik Mulai Verifikasi Wajah.
  • Kemudian arahkan wajah Anda ke dalam frame yang ditunjukkan dalam aplikasi dan pastikan ruangan yang dipakai untuk mengambil gambar memiliki cahaya. Jika Anda mengalami masalah dalam proses verifikasi wajah dikarenakan wajah tidak terdeteksi dan mendapatkan notifikasi “sistem error”, silahkan Anda coba lagi dengan mengikuti langkah – langkah dibawah ini :
  • Perbarui dulu Layanan Google Play (Google Play Service).
  • Coba kembali untuk verifikasi wajah (dianjurkan untuk mencobanya minimal 2 kali).
  • Jika tidak berhasil, tunggu hingga 10 menit, dan pastikan HP Anda terhubung dengan koneksi internet yang baik.
  • Selanjutnya restart HP Anda.
  • Silahkan coba kembali untuk verifikasi wajah.
  1. Jika verifikasi wajah sudah berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SPayLater Anda sedang diproses.
  2. Jika pengajuan aktivitasi Anda disetujui, maka akan ada notifikasi bahwa Anda sudah berhasil mengaktifkan SpayLater.

Pada dasarnya, memiliki limit kredit pada Shopee PayLater tidak berbeda dengan memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank – bank konvesional. Karena itu, Anda dituntut bijak untuk menggunakan limit kredit yang tersedia agar tidak menyebabkan permasalahan finansial yang baru di kemudian hari.