Ada berapa jenis gigi pada manusia? Ini dia jawabannya !

Jenis-Jenis Gigi Pada Manusia – Gigi merupakan bagian penting dan cukup rumit dari manusia. Fungsinya untuk membantu dalam melakukan proses pencernaan makanan, dengan cara mengunyah makanan menjadi lembut dibantu lidah. Selain itu juga membantu mempermudah manusia dalam berbicara dengan jelas.

Anda tahu bahwa gigi mulai tumbuh sejak bayi berumur sekitar 4-9 bulan sampai yang paling lambat sekitar 1 tahun lebih. Selain itu banyak juga jenis-jenis gigi pada manusia lainnya yang mungkin anda perlu anda tahu. Maka dari itu dibawah ini akan kami ulas bersama beberapa jenis gigi yang ada pada manusia.

Berapa Jumlah Dari Jenis-jenis Gigi Pada Manusia?

Berapa jumlah gigi dari jenis-jenis gigi? Dikutip dari Eastman Dental Group – Dental Clinic in Beausejour , pada dasarnya saat masih usia anak-anak, manusia punya sekitar 20 buah gigi pada rahang yang terdiri dari 4 pasang gigi seri, 2 pasang gigi taring dan 4 pasang gigi geraham.

Setelah itu akan tumbuh menjadi 28 ditambah dengan 4 gigi hingga menjadi 32 buah gigi permanen saat sudah dewasa yang berusia sekitar 17 – 21 tahun. Nama gigi yang terakhir tumbuh ini disebut sebagai gigi bungsu.

Jenis Gigi Pada Rahang Manusia

Nah setelah anda tahu berapa jumlah gigi pada manusia kali ini kami akan sebutkan beberapa jenis-jenis gigi yang memiliki jumlah yang berbeda, serta perannya dalam mengolah makanan yang masuk kemulut:

·         Gigi Seri

Gigi seri pada manusia jumlahnya 8 gigi yang terdapat pada bagian depan mulut Anda (4 di atas dan 4 di bawah). Gigi seri bisa disebut sebagai gigi pertama yang muncul saat bayi, sekitar mulai dari usia 6 bulan. Fungsinya untuk menggigit, memotong, merobek dan menahan makanan.

·         Gigi Taring

Terdapat 4 gigi taring pada manusia, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah terletak di sebelah gigi seri. Gigi taring muncul antara 16 dan 20 bulan, dengan gigi taring tepat di atas dan di bawah. Sesuai namanya fungsinya adalah merobek makanan.

·         Gigi Premolar

Manusia punya 8 gigi premolar di setiap sisi mulutnya, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Gigi premolar pertama muncul sekitar usia 10 tahun dan gigi premolar kedua muncul sekitar satu tahun kemudian. Premolar terletak setelah gigi taring sebelum gigi geraham.

Gigi Premolar ini berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan menjadi bagian yang agak kasar.

·         Gigi Geraham

Jumlah geraham adalah 8 dengan jumlah 4 diatas dan 4 di bawah. Gigi geraham mulai dari 12 – 28 bulan dan akan digantikan oleh premolar pertama dan kedua (4 atas dan 4 bawah). Geraham adalah gigi datar di bagian belakang rahang mulut. Fungsinya sendiri untuk mengunyah dan menghaluskan makanan menjadi lebih halus lagi setelah diproses gigi premolar.

·         Gigi Bungsu

Ada 4 gigi bungsu, terletak di belakang gigi geraham. Gigi terakhir ini akan muncul pada usia sekitar 18-20 tahun. Gigi bungsu adalah gigi terakhir yang muncul. Namun bisa jadi gigi ini juga tidak tumbuh sama sekali. Memiliki fungsi yang mirip seperti geraham dengan mengunyah dan menggiling makanan menjadi bagian halus.

Kesimpulan

Gigi sendiri adalah bagian paling keras dan berperan penting dalam mengolah makanan dan berbicara dengan bantuan lidah. Diatas adalah beberapa jenis-jenis gigi pada manusia yang bisa anda ketahui beserta fungsinya.

Gigi juga adalah bagian paling rentan terhadap rangsangan luar apabila rusak, jadi jagalah kesehatan gigi anda agar terhindar dari penyakit gigi. Sekian terimakasih.