8 Cara Menghemat BBM dan Mengurangi Gas Emisi

Hyundai Akan Buat Pabrik LNG, Sediakan Pasokan Listrik Kurangi Emisi - Arah  Kata

Berikut adalah informasi seputar cara menghemat BBM, sebuah metode yang sebaiknya diketahui para pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor. Hal ini dilakukan guna mengurangi gas emisi karbon yang bisa menyebabkan efek rumah kaca, selengkapnya di bawah ini, ya.

  1. Menyesuaikan dengan Batas Kecepatan 

Cara pertama untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak adalah dengan menyesuaikan kecepatan kendaraan. Seperti diketahui, makin cepat kendaraan melaju maka mesin akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Maka dari itu, tentu makin banyak gas emisi yang mengudara dan mencemari lingkungan sekitar.

 

  1. Matikan Mesin Ketika Kendaraan Berhenti

Ketika akan menghidupkan kendaraan, biasanya seseorang perlu memanaskan mesinnya terlebih dulu supaya lebih mudah dijalankan. Aktivitas tersebut tidaklah salah, tetapi pastikan untuk segera menghentikan mesin jika sudah waktunya.

Begitu juga ketika mobil berhenti di tengah jalan. Sebaiknya, biasakan untuk mematikan mesin saat mobil dihentikan lajunya.

 

  1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Meningkatkan Kecepatan

Tidak sedikit pengemudi mobil maupun pengendara motor yang kerap asal-asalan dalam menekan pedal. Karena hal itu, cukup banyak juga orang-orang yang sering mengerem kendaraannya secara mendadak.

Padahal, hal itu tentu berbahaya untuk keselamatannya. Selain itu, terus-terusan menekan pedal juga akan membuang bahan bakar secara lebih cepat.

 

  1. Gunakan Gigi yang Tepat

Ketika melalui jalan menanjak, tidak sedikit pengendara selalu menggunakan gigi tinggi. Padahal, hal itu bisa dikatakan kurang tepat.

Penggunaan gigi tinggi dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih banyak. Dari itu, kendaraan juga pasti lebih kesulitan untuk menanjak.

Alih-alih memilih gigi tinggi, Anda sebaiknya menggunakan gigi rendah saat kendaraan akan melalui tanjakan. Dengan ini, kendaraan bisa melaju lebih santai dan tidak menjadikan bahan bakar terbuang sia-sia.

 

  1. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Salah satu penyebab borosnya bahan bakar adalah tekanan angin ban yang tidak pas.  Seperti diketahui, ban yang kurang tekanan anginnya akan kesulitan bergerak di jalanan sehingga mengganggu efisiensi kinerja mesin.

Oleh karena itu, pengguna bahan bakar minyak jadi lebih banyak dari biasanya. Untuk mengatasi ini, cara menghemat BBM poin keenam bisa dilakukan, yaitu dengan memperhatikan tekanan angin pada ban.

 

  1. Gunakan BBM yang Tepat

 Jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan juga menentukan hemat atau borosnya penggunaan BBM. Jika memungkinkan, pilihlah bahan bakar dengan kualitas tinggi supaya pembakaran BBM-nya jadi lebih efisien.

Dengan pembakaran BBM yang lebih efisien, konsumsinya juga dipastikan lebih irit, bukan?

 

  1. Cek Keadaan Mesin secara Berkala

Mesin merupakan salah satu penentu efektif tidaknya pembakaran bahan bakar. Jika mesin mengalami kerusakan, konsumsi bahan bakar dipastikan tidak efisien.

Bahkan, meskipun kendaraan sudah diberikan BBM dengan kualitas terbaik sekalipun. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek mesin secara berkala supaya kesehatannya bisa tetap terpantau.

 

  1. Kurangi Beban dalam Mobil

Sering tidak disadari, mobil yang mengangkut beban yang terlalu berat justru merupakan pemicu borosnya penggunaan bahan bakar. Hal ini dikarenakan, beratnya beban yang dibawa kendaraan menjadikannya harus meningkatkan kekuatannya dua kali lipat.

Untuk itu, pastikan mengurangi beban yang dibawa kendaraan supaya penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien. Selain itu, gas emisi juga jadi tidak terlalu banyak.

Nah, itulah informasi mengenai cara menghemat BBM untuk mengurangi gas emisi. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda telah memulai langkah hidup hemat dan menjadi bagian penyelamat bumi.